Cek Fakta

[CEK FAKTA] Daun Jeruk Nipis dan Garam Efektif Sembuhkan Sakit Gigi

Beredar informasi di media sosial yang mengatakan kalau daun jeruk nipis dan garam efektif menyembuhkan sakit gigi. Benarkah demikian?

Featured-Image
Video yang mengeklaim daun jeruk nipis dan garam efektif sembuhkan sakit gigi (Foto: Facebook/Laudiya Sheila)

bakabar.com, JAKARTA - Sakit gigi memang bisa diredakan dengan berbagai bahan alami. Barangkali berangkat dari fakta itu, beredar informasi di media sosial yang mengatakan kalau daun jeruk nipis dan garam efektif menyembuhkan gangguan tersebut.

Adalah Laudiya Sheila, akun yang mengunggah informasi itu di Facebook. Unggahan memuat video berdurasi singkat ini mengeklaim ramuan daun jeruk nipis atau lemon yang dicampur air garam dapat menyembuhkan sakit gigi seumur hidup.

Seumur hidup gak sakit gigi lagi. Kenapa baru tau!!! Ramuan alami sakit gigi gratis. Caranya siapkan 6 lembar daun jeruk nipis/lemon. Setelah itu remas-remas daun jeruk sampai sedikit hancur. Siapkan gelas, masukkan daun jeruk ke dalam gelas. Selanjutnya tambahkan air panas hingga satu gelas,” begitulah narasi dalam video tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat, konten itu sudah disukai lebih dari 20 ribu orang, dikomentari 310 pengguna, bahkan dibagikan sebanyak 13 ribu kali. Lantas, benarkah daun jeruk nipis dan garam mampu menyembuhkan sakit gigi?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, klaim yang menyebut daun jeruk nipis dan garam bisa menyembuhkan sakit gigi seumur hidup adalah keliru. Kedua bahan itu hanya dapat meredakan nyeri yang bersifat ringan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania. “Memang bisa daun jeruk tambah garam (mengurangi sakit gigi), namun hanya untuk sakit gigi ringan,” ujarnya, dikutip dari kompas.com, Rabu (31/5).

Pernyataan senada juga diungkapkan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Medan, Ranu Putra Armidin. “Ramuan herbal seperti yang ditunjukkan pada video tersebut memang dapat meredakan atau mengurangi gejala sakit, namun tidak bisa menyembuhkan secara permanen,” jelasnya, dilansir dari tempo.co.

Dengan kata lain, daun jeruk dan garam untuk obat kumur hanya dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Kalau tujuannya untuk itu, maka benar bahwa ramuan kedua bahan tersebut efektif mengurangi rasa sakit.

Bukan omong kosong belaka, hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam International Research Journal of Pharmacy and Medical Sciences pada 2021. Jurnal ini membahas efektivitas berkumur larutan garam.

Hasilnya, didapati bahwa penggunaan larutan garam untuk mengurangi rasa sakit akibat kerusakan gigi terbukti cukup efektif. Masyarakat dapat berkumur dengan larutan garam sebelum mendapatkan perawatan dari tenaga profesional. 

Kesimpulan: Klaim daun jeruk nipis dan garam mampu menyembuhkan sakit gigi seumur hidup adalah tidak benar. Mengobati sakit gigi dengan kedua bahan alami itu hanya dapat meredakan sakit gigi, bukan menyembuhkan secara total.

Editor


Komentar
Banner
Banner