Cek Fakta

[CEK FAKTA] Air Kelapa Bisa Bersihkan Paru-Paru Perokok Berat

Air kelapa diyakini bisa membersihkan paru-paru pada perokok aktif. Klaim mengenai hal itu bahkan sudah tersiar di berbagai media sosial, salah satunya Facebook

Featured-Image
Video yang mengeklaim air kelapa bisa membersihkan paru-paru pada perokok berat (Foto: Facebokk/Obat Herbal)

bakabar.com, JAKARTA – Air kelapa memang punya segudang khasiat bagi kesehatan, di antaranya mengobati gangguan pencernaan dan mengatur tekanan darah. Minuman ini pun diyakini bisa membersihkan paru-paru pada perokok aktif.

Klaim mengenai hal itu bahkan sudah tersiar di berbagai media sosial, salah satunya Facebook. Akun Obat Herbal, misalnya, mengunggah video soal tips membersihkan kotoran di dalam tubuh dengan air kelapa pada Minggu (7/5) lalu.

Konten tersebut memuat narasi perihal cara memakai kelapa muda untuk membersihkan lendir. Narator mengatakan bahwa kelapa mesti dibakar terlebih dahulu, kemudian ditambahkan jahe, gula jawa, madu, dan garam.

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah mendapat lebih dari 13 ribu suka, 171 komentar, dan lebih dari lima ribu kali dibagikan. Lantas, apakah informasi yang dijabarkan dalam video itu benar adanya?

Penelusuran Fakta

Desas-desus soal air kelapa yang dianggap ampuh membersihkan paru-paru pada perokok berat sebenarnya bukan baru kali ini menyeruak. Pada 2016 lalu, seorang warganet pernah menanyakan hal ini di situs Alodokter.

Dokter Jati Satriyo pun menegaskan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut. “Belum terdapat penelitian dan juga pembuktiannya dalam dunia medis,” tulisnya, dikutip Jumat (26/5).

Dokter Spesialis Paru yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Faisal Yunus, menyampaikan hal serupa. Menurutnya, belum ada data yang membuktikan air kelapa mampu membersihkan paru-paru.

Air kelapa sendiri memang mengandung antioksidan, tapi untuk menjaga kesehatan paru-paru, mengonsumsinya saja belum cukup. Upaya ini harus diseimbangkan juga dengan mengurangi paparan yang tidak sehat, terutama asap rokok.

Sebab, menurut Faisal, asap rokok merupakan kontributor terbesar terhadap kasus penyakit paru-paru, termasuk kanker dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Dengan begitu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengurangi paparan polusi dan berolahraga.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan air kelapa mampu membersihkan paru-paru pada perokok aktif masih diragukan. Sebab, hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner