Tak Berkategori

Cegah Pemudik, Batola Bangun Pos Penyekatan di Kilometer 14 Anjir Pasar

apahabar.com, MARABAHAN – Menyikapi larangan mudik lebaran 2021, Barito Kuala membangun pos penyekatan atau check point…

Featured-Image
Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, bersama Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, dalam rapat koordinasi pengamanan Idulfitri 1442 Hijriah. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Menyikapi larangan mudik lebaran 2021, Barito Kuala membangun pos penyekatan atau check point di Kecamatan Anjir Pasar.

Barito Kuala termasuk enam lokasi penyekatan pemudik yang sudah ditetapkan oleh Polda Kalimantan Selatan dalam kurun 6 hingga 17 mei 2021.

Bahkan dianggap salah satu lokasi paling strategis, karena sebelah barat Batola langsung berbatasan dengan Kalimantan Tengah, tepatnya Kabupaten Kapuas.

“Mempertimbangkan lokasi yang berdekatan, pos penyekatan pemudik di Batola didirikan di eks terminal Anjir Pasar Kilometer 14,” jelas Kapolres Batola, AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif, dalam rapat koordinasi pengamanan Idulfitri, Jumat (30/4).

“Selain pos penyekatan, kami juga menempatkan pos pantau di Terminal Handil Bakti dan Markas Satpolair Polres Batola,” tambahnya.

Adapun personel yang diturunkan berjumlah total 203 orang. Mereka terdiri dari 165 anggota Polres Batola dan jajaran.

Sedangkan sisanya terdiri dari anggota Kodim 1005 Marabahan dan jajaran, Satpol Pamong Praja, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Sentra Komunikasi (Senkom) dan Pramuka.

“Selain pengamanan dan penyekatan, juga dilakukan rapid test antigen secara random. Apabila hasil pemeriksaan positif, masyarakat diarahkan ke RSUD Abdul Aziz Marabahan dan SKB Batola,” jelas Lalu Arif.

“Namun penyekatan mudik yang dilakukan tetap bersifat humanis, serta dikecualikan untuk distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik,” imbuhnya.

Kelonggaran itu hampir pasti dilakukan, mengingat tidak sedikit pula warga Batola yang mencari nafkah di Kalteng, terutama di beberapa kecamatan Kapuas.

“Kami berharap pemeriksaan dilakukan dengan benar dan bertanggung jawab, sekalipun semua petugas sedang menjalankan ibadah puasa,” sahut Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

“Penekanan itu terutama untuk petugas dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Bagaimanapun ini merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Selain di Anjir Pasar, Polda Kalsel juga menempatkan pos check point di perbatasan Paminggir, Hulu Sungai Utara, dengan Barito Selatan, Kalimantan Tengah, di Jenamas.

Kemudian dua titik di Tabalong masing-masing Kelua yang berbatasan dengan Kalimantan Tengah, serta Jaro dengan Kalimantan Timur.

Selanjutnya di Desa Sengayam, Kotabaru, atau perbatasan dengan Kalimantan Timur. Kemudian perbatasan Binuang di Kabupaten Tapin dengan Banjar.



Komentar
Banner
Banner