Hot Borneo

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Tapin Imbau Pemudik Beristirahat

apahabar.com, RANTAU – Mencegah kecelakaan lalu lintas, Polres Tapin mengimbau pemudik untuk tidak memaksakan diri melanjutkan…

Featured-Image
Suasana arus balik di Pos Pelayanan Lebaran Polres Tapin di Bundaran Dulang. Foto: apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU – Mencegah kecelakaan lalu lintas, Polres Tapin mengimbau pemudik untuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan.

Arus lalu lintas sejumlah ruas jalan utama di Tapin memang terus meningkat, Jumat (6/5). Kalau sebelumnya diramaikan pemudik, sekarang mulai dipenuhi arus balik menuju Banjarmasin dan sekitarnya.

Biasanya peningkatan arus kendaraan mulai meningkat di pagi hari, kemudian sore hari hingga menjelang malam.

Meski terus meningkat, arus lalu lintas terpantau lancar. Terlebih pengguna kendaraan sudah memiliki sejumlah jalur alternatif.

Selain Jalan Ahmad Yani, sebagian besar masyarakat memilih melewati jalur Tapin Utara-Margasari-Marabahan ataupun Margasari-Kalumpang.

“Alhamdulillah situasi arus lalu lintas masih lancar, baik roda dua maupun empat. Selain kendaraan pemudik, juga angkutan wisata religi,” ungkap KBO Satlantas Polres Tapin, Ipda Muhammad Ariza.

“Kami memprediksi puncak arus balik terjadi 7 dan 8 Mei 2022. Makanya kami berharap masyarakat juga menghindari jam- jam macet seperti sore, malam atau pagi hari,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan atau penumpukan kendaraan, Satlantas bersama Dishub Tapin juga telah memasang petunjuk arah jalan.

“Sekaligus kami mengimbau kepada pengendara untuk tak memaksakan diri, seandainya mulai kelelahan. Kami telah menyediakan sejumlah rest area,” beber Muhammad Ariza.

Salah satu rest area ditempatkan di Pos Pelayanan Polres Tapin di Bundaran Dulang. Tersedia tempat istirahat, vaksinasi, tambal dan pompa ban, minuman dan pijat yang semuanya gratis.

Selain di Bundaran Dulang, tempat beristirahat lain berada di Pos Pengamanan Binuang, Lokpaikat dan Candi Laras Utara.

“Diharapkan masyarakat jangan segan-segan untuk singgah ataupun meminta tolong kepada petugas. Adapun pos pelayanan dan pengamanan ini akan beroperasi hingga 9 Mei 2022,” tutup Ariza.



Komentar
Banner
Banner