Dishut Kalsel

Cegah Inflasi Daerah, BPTH Distribusikan Belasan Ribu Bibit Cabai

apahabar.com, BANJARMASIN – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) mendistribusikan belasan ribu…

Featured-Image
UPTD BPTH saat mendistribusikan belasan ribu bibit cabai di Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) mendistribusikan belasan ribu bibit cabai di Banjarmasin.

Sebanyak 11.300 bibit cabai diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

Kasi Produksi dan Peredaran Benih UPTD BPTH, Paidil, melalui siaran pers yang diterima bakabar.com, memgatakan penyerahan bibit cabai ini merupakan mandat dari Gubernur melalui Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq.

Harapannya, distribusi itu mampu menjaga pasokan cabai di level masyarakat. Apalagi di tengah mewabahnya virus Covid-19 yang membuat kenaikan harga pangan.

“Sehingga tidak perlu membeli cabai lagi,” ujar Paidil.

Tak hanya itu, pekan lalu, BPTH juga mendistribusikan telah mendistribusikan bibit cabai ke wilayah Barito Kuala dan sekitarnya.

Sedikitnya terdapat 10.000 bibit yang diterima oleh Kantor Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala.

Pembagian ribuan bibit cabai ini, merupakan langkah antisipatif Gubernur Kalsel terhadap inflasi daerah yang disebabkan oleh tidak kontinyunya produksi komoditas ini di Banua.

“Hal ini pernah terjadi pada 2019 silam. Oleh sebab itu, Pemprov bergerak cepat dengan dikeluarkannya Instruksi Gubernur Kalsel per 3 April 2020 tentang Gerakan Budaya Menanam Cabai,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner