Olahraga

Catat! GOR di Kegubernuran Kalsel Diklaim Berfungsi Mulai November 2023

Pembangunan gelanggang olahraga atau GOR di Kegubernuran Kalsel terus dikebut. Sebab GOR ini akan dijadikan tempat utama pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomn

Featured-Image
Pembangunan GOR yang diplot menjadi venue utama Pomnas Kalsel 2023. Foto: Dinas PUPR Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Meski ditarget rampung akhir tahun, GOR di Kegubernuran Kalimantan Selatan diklaim sudah dapat difungsikan mulai November 2023.

Seiring klaim tersebut, GOR dapat dijadikan venue utama Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang berlangsung sejak 14 November 2023 mendatang.

"InsyaAllah GOR dapat difungsikan mulai November 2023," papar Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ryan Tirta Nugraha, Kamis (31/8).

"Sedangkan sisa pekerjaan dirampungkan sambil berjalan hingga Desember 2023 atau sesuai kontrak kerja," imbuhnya.

Adapun progres pembangunan GOR diklaim sudah mencapai 47,8 persen dengan struktur terpasang. Ditargetkan mulai Oktober 2023, rangka atap baja sudah terpasang.

"Kami juga telah memulai pekerjaan arsitektur. Sempat terjadi kendala, karena pekerjaan ini membutuhkan air yang banyak," jelas Ryan.

"Makanya kami harus mendatangkan air dari BPAM Banjarbakula, karena sumur terdekat sudah kering. Namun demikian, kami tetap optimistis pekerjaan selesai tepat waktu," sambungnya.

Dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, GOR tersebut dapat dijadilan venue sepak takraw, bola basket, bulu tangkis, tenis indoor, futsal dan beladiri.

Dengan estimasi kapasitas 3.000 penonton, pembangunan GOR menggunakan APBD Pemprov Kalsel sebesar Rp64 miliar.

Sementara sesuai timeline, pembukaan Pomnas 2023 berlangsung 14 November. Diharapkan GOR benar-benar dapat difungsikan, sehingga run down kegiatan tidak berubah.

"Tentu kami berharap pengerjaan berjalan sesuai rencana, sehingga bisa menjadi venue utama dan tempat pembukaan," tukaas Asy Syifa dari Bidang Humas dan Layanan Media Pomnas 2023.

Diketahui selain di Kegubernuran Kalsel, venue Pomnas 2023 tersebar di Banjarmasin, Banjarbaru, Pelaihari dan Kandangan.

"Salah satu venue di Banjarmasin adalah GOR Hasanuddin HM. Sementara di Kandangan, dipusatkan menjadi venue renang," pungkas Syifa.

Editor


Komentar
Banner
Banner