Info Kesehatan

Cara Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Uban kerap dianggap hanya dimiliki orang tua yang sudah berusia lanjut. Padahal, orang yang masih berusia muda pun bisa saja memiliki rambut berwarna putih itu

Featured-Image
Ilustrasi rambut beruban di usia muda. Foto: dok. unairnews.

bakabar.com, JAKARTA – Uban kerap dianggap hanya dimiliki orang tua yang sudah berusia lanjut. Padahal, orang yang masih berusia muda pun bisa saja memiliki rambut berwarna putih itu di kepalanya.

Kondisi yang demikian sejatinya adalah hal normal. Sebagaimana dijelaskan dalam Normal and Aging Hair Biology and Structure ‘Aging and Hair’ (2015), munculnya uban di usia muda rentan dialami orang-orang ras Kaukasia sebelum memasuki umur 20 tahun.

Sementara untuk orang-orang yang memiliki ras Asia, uban di usia muda banyak ditemukan sebelum memasuki umur 25 tahun. Adapun ras Afrika-Amerika sebelum menginjak umur 30 tahun. 


Munculnya uban di usia muda bisa disebabkan beberapa faktor, di antaranya keturunan atau genetik, kekurangan vitamin B12, mengalami stres, dan kebiasaan merokok. Bahkan, itu juga bisa jadi pertanda tubuh sedang mengidap penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid.


Kondisi ini pun bukan mustahil untuk dicegah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut beruban di usia muda. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Berhenti Merokok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebiasaan merokok bisa memicu tumbuhnya uban di usia muda.

Ini dikarenakan zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan tubuh, termasuk folikel rambut. 

Merokok pun dapat meningkatkan kadar stres oksidatif yang berada pada melanosit sel rambut.

Selain itu, kebiasaan ini bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit yang berdampak pada kurangnya asupan darah ke rambut, sehingga memicu rambut rontok. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 membuktikan perokok berpeluang 2,5 kali lebih tinggi memiliki uban sebelum berusia 30 tahun.

Untuk itulah, berhenti merokok jadi salah satu cara yang bisa mencegah uban di usia muda.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Mengingat penyebab uban di usia muda lainnya adalah defisiensi vitamin B12, maka cara untuk mencegahnya adalah mengonsumsi makanan bernutrisi.

Penuhilah asupan vitamin dan mineral dalam tubuh, dengan mengonsumsi sayuran, ikan, daging, telur, oat, serta kacang-kacangan.

Selain itu, terapkan pula pola diet tinggi antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif.

Ini dilakukan dengan memperbanyak asupan sayur, buah-buahan seperti stroberi, mangga, pepaya, alpukat, kelapa, minyak ikan, minyak zaitun, dan teh hijau.

Gunakan Masker Rambut Alami

Pencegahan dari luar juga bisa dilakukan dengan rutin menggunakan masker rambut berbahan alami.

Bahan tersebut berupa daun kari yang diblender, kemudian tambahkan setengah cangkir yoghurt tanpa rasa.

Masker yang sudah jadi itu selanjutnya dioleskan ke rambut. Tunggu selama 30 menit, lalu bilas seperti biasa. Masker ini dapat digunakan 2-3 kali seminggu sampai mendapat hasil maksimal.

Itulah sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda. Semoga bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner