Anies Baswedan

Capres Pilihan Partai NasDem Anies Baswedan Diam-diam Punya Koleksi Motor Klasik

Anies Baswedan yang dideklarasikan sebagai capres pada Pemilihan Presiden tahun 2024 oleh Partai NasDem dikenal memiliki sejumlah koleksi kendaraan.

Featured-Image
Motor klasik Anies Baswedan berupa Vespa berplat AB. (Foto: dok. Anies-Sandi Media Center)

bakabar.com, JAKARTA - Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan sebagai capres (calon presiden) pada Pemilihan Presiden tahun 2024 oleh Partai NasDem dikenal memiliki sejumlah koleksi kendaraan dalam garasi rumahnya.

Gubernur DKI Jakarta yang akan habis masa baktinya pada Oktober 2022 ini, memang dikenal memiliki selera otomotif yang cukup tinggi.

Meski kerap tampil sederhana, koleksi mobil dan motor eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla ini, terdapat beberapa kendaraan klasik yang harganya cukup tinggi.

Untuk diketahui,berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id, Senin (3/10), Anies yang telah menjabat sejak 2017 itu tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp10,9 miliar.

Baca: Forum Advokat Indonesia Geruduk KPK Bela Anies Baswedan

Lantas, ada apa saja koleksi mobil dan motor Anies Baswedan berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) 2022:

Honda Odyssey Tahun 2016

Koleksi pertama Anies Baswedan adalah mobil Honda Odyssey yang diperolehnya dari hasil sendiri. Adapun unit yang dimilikinya merupakan lansiran tahun 2016 yang harganya ditaksir mencapai Rp450 juta.

Honda Odyssey merupakan mobil jenis MPV yang mengusung desain mewah serta membawa sederet fitur canggih. Mobil yang satu ini menawarkan kenyamanan dan keamanan kepada penggunanya.

Meski sudah disuntik mati, mobil 2400 cc ini tetap kharismatik dan cocok dengan wibawa Anies yang merupakan penggagas Gerakan Indonesia Mengajar.

Dalam menopang performanya, Honda Odyssey hanya ada satu tipe saja, yakni transmisi matic menggunakan mesin DOHC 4 silinder, 16 Valve dengan i-VTEC berkapasitas 2,4 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 175 Ps pada 6.200 rpm dan torsi maksimal mencapai 23 kg.m pada 4.000 rpm.

Mazda 2 Tahun 2013

Mobil hatchback city car yang satu ini cukup banyak diminati oleh masyarakat dan merupakan salah satu kendaraan mobil tertua yang dimiliki Anies Baswedan.

Mobil Mazda 2 ini awalnya bernama Mazda 121 yang hadir di Pasar Internasional pada tahun 1996.

Baca: Bambang Soesatyo Rilis Gaspol, Aplikasi Khusus bagi Penggemar Otomotif

Baca: Anies Siap Jadikan Indonesia Tempat Persandingan Keragaman, Setelah Jadi Capres NasDem

Dengan spesifikasi mesin MZR 1.5L DOHC 16-valve 4 silinder yang mampu menghadirkan tenaga 29/35 mpg dengan transmisi 5-percepatan manual sedangkan untuk transmisi otomatis bisa menghasikan 28/34 mpg, mobil ini termasuk irit karena hanya menghabiskan bensin 1:11 km untuk perjalanan dalam kota.

Adapun saat itu Anies membeli mobil tersebut dengan harga jual mencapai Rp98 juta. Mobil ini dibeli Anies terhitung murah, karena harga on the road (OTR) nya mencapai Rp190 hingga Rp200 juta.

Vespa Sprint Tahun 1968

Dari mobil beralih ke motor, di mana Gubernur Anies Baswedan masih setia dengan motor klasik yang merupakan pemberian ayahandanya dulu saat ia masih SMA.

Kendaraan roda dua tersebut adalah Vespa Sprint. Motor yang dimilikinya ini terbilang merupakan item koleksi lantaran merupakan lansiran tahun 1968.

Baca: Cara Sederhana Mencegah Pencurian Motor Agar Tidak Digondol Maling

Baca: Honda City Hatchback RS dan Brio Modifikasi Tampil di IMX 2022

Skuter legendaris asal Italia ini punya tenaga mesin sebesar 150cc, dan konon hanya diproduksi untuk pasar Indonesia saja lho!.

Untuk harganya sendiri saat ini bisa mencapai Rp50 juta dengan asumsi seluruh spare-part nya masih orisinil.

Kawasaki EX250V tahun 2018

Koleksi kendaraan terakhir Anies Baswedan adalah motor Kawasaki EX250V. Motor sport yang juga akrab disapa 'Ninja' ini merupakan motor keluaran tahun 2018 senilai Rp50 juta.

Kawasaki EX250V sendiri merupakan motor sport dengan kapasitas mesin 250cc. Desainnya sporty khas motor laki dengan mesin mampu menghasilkan tenaga hingga 39 Ps dan torsi mencapai 23,5 Nm.

Sebagai motor sport, koleksi terakhir Anies ini mampu melesat dengan cepat. Di atas kertas, top speednya bukan kaleng-kaleng, dikatakan bisa mencapai kecepatan 170km/jam.

Editor
Komentar
Banner
Banner