Piala Dunia 2022

Canggihnya Bola Al Hilm untuk Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Terinspirasi dari Kilauan Padang Pasir Qatar

FIFA merilis bola Al Hilm menggantikan Al Rihla yang akan digunakan pada babak semifinal dan final Piala Dunia Qatar 2022

Featured-Image
Al Hilm bola Piala Dunia 2022 di pertandingan semifinal dan final (Foto: dok FIFA)

bakabar.com, JAKARTA – FIFA merilis bola baru yang akan digunakan di laga semifinal dan final Piala Dunia Qatar 2022 dengan nama Al Hilm, menggantikan bola sebelumnya Al Rihla.

Dalam Bahasa Arab, Al Hilm diartikan sebagai mimpi. Bola ini akan menggantikan bola sebelumnya yaitu Al Rihla yang memiliki arti ‘perjalanan’.

Selain itu, bola yang akan digunakan di pertandingan semifinal dan partai final itu mengusung beberapa teknologi canggih di dalamnya.

FIFA menyebut bahwa di dalam bola Al Hilm itu terdapat teknologi ‘connected ball’. Teknologi besutan Adidas ini digadang-gadang akan sangat membantu dan jalannya pertandingan semifinal dan final Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga: Quraish Shihab: Tidak Ada Kaitan Kemenangan Tim Piala Dunia dengan Agama Pemain

Teknologi ‘connected ball’ ini dikombinasi dengan data posisi pemain. Inovasi ini menawarkan data instan Video Match Officials (VMO), untuk membantu wasit dalam mengambil sebuah keputusan di dalam lapangan.

Tidak hanya itu, teknologi yang terdapat di dalam bola Al Hilm nantinya akan mendukung sistem offside semi-otomatis, terutama dengan memberikan momen yang tepat ketika bola dimainkan dalam situasi offside yang ketat.

Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA, Johannes Holzmuller mengatakan dari teknologi ini informasi tambahan akan didapat wasit. Ia menambahkan, nantinya keputusan wasit diyakini akan lebih presisi dengan adanya teknologi tersebut.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video,” kata Johannes Holzmuller, dilansir dari lamaan resmi FIFA.

Baca Juga: Tersingkir di Piala Dunia, Luis Enrique Mundur dari Pelatih Spanyol

Lebih lanjut, Al Hilm dirancang dengan memperhatikan unsur peduli ramah lingkungan. Bola ini menjadi bola pertama yang dibuat hanya dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Tampilan bola Al Hilm menarik karena paduan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus. Desain bola tersebut terinspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha, Qatar.

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia,” tutur Nick Craggs.

“Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik karena mereka bersaing di panggung terbesar,” lanjut Pria yang menjabat Manajer Umum Sepak Bola Adidas itu.

Terdapat empat tim yang sudah memastikan lolos ke putaran semifinal Piala Dunia 2022 yakni Kroasia, Argentina, Maroko, dan Prancis.

Kroasia akan bertemu dengan Argentina terlebih dahulu pada Rabu (14/12) dini hari WIB. Di pertandingan selanjutnya, Prancis akan berduel dengan Maroko pada Kamis (15/12) dini hari WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner