Pemilu 2024

Camat di Balikpapan Diduga Kampanyekan Caleg

Dugaan kampanye terselubung dilakukan salah satu caleg DPRD Kaltim dapil Balikpapan. Melibatkan ASN.

Featured-Image
Bawaslu mendaulat Banjarbaru sebagai daerah rawan ASN tak netral dalam Pemilu 2024. Foto ilustrasi via CNN

bakabar.com, BALIKPAPAN - Dugaan kampanye terselubung dilakukan salah satu caleg DPRD Kaltim dapil Balikpapan. Melibatkan ASN.

Dugaan kampanye itu dilakukan HM. Tersebar di media sosial dengan akun balikpapansatu8.

Menurut akun itu, salah satu camat meminta dukungan dari para ASN. Memilih HM di Pileg 2024.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Tegas Minta ASN Netral

Mereka dikumpulkan di ruang rapat lantai 3 Kecamatan Balikpapan Selatan. Tanpa ada pemberitahuan perihal acara tersebut. 

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin buka suara. Ia mengaku sedang menelusuri kabar tersebut.

"Balikpapan Selatan sudah di Inspektorat. Biarkan diteliti dulu. Apakah benar atau tidak, sekarang sedang ditanganin," katanya, Selasa (14/11).

Kata dia, Pemkot Balikpapan bakal melakukan tindakan tegas. Jika memang ada camat maupun ASN yang terlibat dalam politik praktis. 

"Sudah ada edaran kan dari wali kota untuk netralitas ASN. Jadi kami harapkan semua teman-teman ASN bisa memposisikan diri sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Pejabat Langgar Netralitas ASN dalam Politik di Jember, Ada Nama Bupati!

Sementara itu, Ketua Bawaslu Balikpapan, Wasanti juga memberi pernyataan serupa. Mereka masih melakukan penelusuran terhadap potongan gambar berisi informasi penghimpunan masa itu.

"Kebetulan yang diduga salah satu ASN itu kan melakukan tindakan tidak netral. Prosesnya masih mengumpulkan data dan juga saksi," ungkapnya.

Jika kabar itu benar, maka ada potensi pelanggaran yang dilakukan ASN tersebut. Diantaranya, pelanggaran undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang netralitas ASN. Juga kode etik.

Editor


Komentar
Banner
Banner