Pemilu 2024

Cak Imin Janji Gratiskan BBM untuk Nelayan Miskin

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar berjanji akan menggratiskan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan yang masuk kategori miskin, jika memenangi Pilpres 202

Featured-Image
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. Foto: Tangkap Layar YouTube KPU

bakabar.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berjanji akan menggratiskan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan yang masuk kategori miskin, jika memenangi Pilpres 2024.

"Ini aksesnya tentu tidak lagi memakai skema subsidi BBM, tetapi subsidinya melalui data-data kemiskinan, sehingga mereka akan mendapat akses BBM," kata Muhaimin di kampung nelayan, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/1).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan bantuan yang akan diberikan pastinya akan tepat sasaran melalui data-data masyarakat miskin yang dikelola oleh kementerian terkait.

Baca Juga: Canda Gus Yahya soal Cak Imin Kalah, Anies: Semakin Butuh Perubahan

Menurutnya masalah kebutuhan BBM menjadi selalu menjadi keluhan dan hambatan para nelayan yang akan melaut karena mereka kesulitan untuk menjangkau harga BBM.

Selain menjanjikan BBM gratis, Cak Imin itu juga berjanji akan mengubah aturan terkait penangkapan ikan terukur yang dinilai belum bisa menyejahterakan nelayan atau masyarakat pesisir.

Dia juga menyoroti penggunaan alat tangkap ikan yang seharusnya tidak boleh dipakai oleh pelaku usaha perikanan yang memiliki modal banyak.

Baca Juga: Cak Imin Kasihan dengan Balikpapan, Rahmad Mas'ud: Salah Data Dia!

Ia mengaku miris karena kondisi tersebut dibiarkan oleh oknum aparat penegak hukum.

"Jadi alat tangkap yang berskala besar dibiarkan oleh aparat, padahal kegiatan itu melanggar, sehingga kami harus membelanya," kata dia.

Oleh karena itu, Cak Imin berkomitmen melalui gagasan perubahan yang diusung Anies-Muhaimin (AMIN) akan mengubah ketimpangan yang terjadi untuk memberikan kesejahteraan masyarakat termasuk bagi nelalayan.

Editor


Komentar
Banner
Banner