Harjad Banjarmasin

Busana Daur Ulang Semarakkan Banjarmasin Nite Karnaval

apahabar.com, BANJARMASIN – Banjarmasin Nite Karnaval dalam menyambut Hari Jadi ke-493 tahun benar-benar meriah. Tampak iringan-iringan…

Featured-Image
Kemeriahan Banjarmasin Nite Karnaval dalam menyambut Hari Jadi ke-493 tahun di tepi Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu malam. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Banjarmasin Nite Karnaval dalam menyambut Hari Jadi ke-493 tahun benar-benar meriah.

Tampak iringan-iringan peserta karnaval beserta barisan warga yang teratur di tepi Jalan Jenderal Sudirman menjadi hiburan tersendiri bagi warga urban pada Sabtu (21/09) malam.

Konvoi tersebut tak meninggalkan aspek islami Kota Banjarmasin yang sudah dikenal kental sangat lama.

Sebab dari busana yang dikenakan 45 peserta lebih dominan barang bekas didaur ulang. Tak terlihat kotor, malah sebaliknya.

Pakaian yang memanfaatkan barang bekas itu bahkan mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

“Ini kreatif sekali, memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan busana yang sangat bermanfaat yang megah dan menarik,” kata Ibnu kepada awak media usai melepas semua peserta karnaval.

Menurut Ibnu mereka terlihat sangat senang menggunakan barang bekas karena ini hasil kreasinya sendiri. Barang yang tidak bernilai menjadi barang yang bermanfaat untuk menarik ratusan mata warga.

Mereka memanfatkan plastik sisa minuman dan makanan yang mungkin selama ini dibuang begitu saja.

“Kami sangat senang dan ini sebagai pesan kepada kita semua untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih dari sampah plastik,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Banjarmasin, Ehsan Al Haque.

Ia menuturkan para 45 peserta karnaval tersebut memperebutkan hadiah sebanyak Rp45 Juta. Dari juara utama dan harapan 1, 2 dan 3. Lalu disusul favorit pemenang berdasar penilaian dewan juri.

Namun mereka wajib memenuhi aspek karakteria yang telah ditentukan. Di antaranya kostum menggunakan bahan daur ulang dengan perpaduan keserasian makeup.

“Peserta ini dari berbagai kalangan, dan semoga kegiatan ini bisa dinaungi Pemprov Kalsel,” harapnya.

Tidak lupa pada karnaval ini, juga dimeriahkan sejumlah peserta yang menampilkan fragmen stop penggunaan kantung plastik dan kampanye menggunakan bakul purun sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja di pasar.

Adapun rute yang dilalui 45 peserta tersebut adalah start panggung Siring 0 Kilometer menuju Jalan Suprapto hingga Jalan Merdeka dan kembali ke titik finish Jalan Jenderal Sudirman. (Adv)

Baca Juga: Pawai Karnaval Sambut Tahun Baru Islam 1441 H di HSS

Baca Juga:HAN 2019, TK Balangan Gelar Karnaval

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner