Pemkot Banjarmasin

Buruan ke Banjarmasin! Kapal Wisata Baru Siap Sambut Wisatawan

apahabar.com, BANJARMASIN – Masa pandemi Covid-19 sudah usai, kini giliran Pemko Banjarmasin tancap gas membangkitkan perekonomian…

Featured-Image
Tepat di hari jadi Banjarmasin diluncurkan Kapal Wisata Banjarmasin Bungas untuk susur sungai. Foto-Humas Pemkot Banjarmasin

bakabar.com, BANJARMASIN – Masa pandemi Covid-19 sudah usai, kini giliran Pemko Banjarmasin tancap gas membangkitkan perekonomian masyarakat Kota Seribu Sungai.

Bertepatan dengan tanggal hari jadi Kota Banjarmasin, 24 September 2022, sebuah perahu (kapal kecil) bernama "Banjarmasin Bungas" yang didesain khusus untuk wisata susur sungai pun diluncurkan.

Peluncuran dilakukan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, bersama Wakil Wali Kokota Banjarmasin H Arifin Noor di Sungai Martapura, Jl Piere Tendean.

"Ini adalah upaya dari pemerintah Kota Banjarmasin untuk mempromosikan pariwisata kota sungai, karena Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai dengan pasar terapungnya dan klotok-klotok wisatanya," ujar H Ibnu Sina, Sabtu (24/09).

Perahu Banjarmasin Bungas, dapat dinikmati parawisatan tidak hanya malam hari, tetapi juga siang hari. Selain tempat duduk yang nyaman, alat transportasi sungai ini juga dilengkapi dengan alat keselamatan diri.

"Dengan menggunakan kapal Banjarmasin Bungas untuk susur sungai, wisatawan bisa menikmati suasana kota, mau siang, mau pagi, mau sore, atau mau malam hari. Tapi sepertinya malam hari susur sungai akan terlihat lebih lagi, karena akan terlihat suasana Kota Banjarmasin lebih hidup," jelasnya.

Untuk tahap awal, perahu wisata yang disediakan dua unit. Kedepannya, terang orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini diusahakan akan ada penambahan armadanya.

"Di sini ada 80 unit klotok yang siap untuk direnovasi agar lebih baik dan juga lebih nyaman, kemudian ada sumbangan dari beberapa pihak. Tahun depan kita rencanakan untuk kembali meanggarkannya," katanya.

Ia berharap, dengan disediakannya armada transportasi sungai ini, kunjungan wisatan ke Kota Banjarmasin akan lebih meningkat lagi.

"Ayo buruan ke Kota Banjarmasin. Kepada seluruh warga Banua, seluruh wisatawan Nusantara, dan siapapun yang datang ke Kota Banjarmasin, bisa menimati suasana Kota Banjarmasin dengan menggunakan Kapal Banjarmasin Bungas," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner