Pemilu 2024

Bursa Cawapres Prabowo, Erick Thohir Ungguli Airlangga dan Khofifah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dinilai lebih unggul dibandingkan Airlangga Hartarto hingga Khofifah Indar Parawansa dalam bursa cawapres

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir mencoba kendaraan taktis Maung 4x4 di kompleks PT Pindad (Persero), Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/sgd/Spt

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dinilai lebih unggul dibandingkan Airlangga Hartarto hingga Khofifah Indar Parawansa dalam bursa cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Untuk itu pria yang akrab disapa Etho bakal lebih menjanjikan kemenangan bagi Prabowo dibandingkan figur lain.

“Berdasarkan survei teranyar lembaga kami, Prabowo lebih menjanjikan bersama Erick Thohir, bukan bersama Khofifah, apalagi Airlangga,” kata Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo, Jumat (6/10).

Baca Juga: PDIP Tutup Rapat Wacana Duet Prabowo-Ganjar

Merujuk data survei PRC, konfigurasi Prabowo-Erick meraih 38,8 persen elektabilitas dalam simulasi tiga pasangan calon. Di posisi kedua, pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno meraih elektabilitas sebesar 31,9 persen, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,5 persen.

“Dalam simulasi tujuh nama cawapres, Erick Thohir meraih elektabilitas 16,8 persen. Elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 16,4 persen, dan Muhaimin Iskandar sebesar 15,4 persen. Berikutnya, Sandiaga Uno (12,6 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10 persen), dan Airlangga Hartarto (1,2 persen),” jelasnya.

Baca Juga: Silaturahmi ke Ulama Jatim di Surabaya, Prabowo Bahas Nama Cawapres

Dia menyebut bahwa, Khofifah Indar Parawansa hanya berbasis di Jawa Timur (Jatim), sedangkan Erick Thohir kuat di Jawa Timur dengan menjadi salah satu representasi Nahdlatul Ulama (NU) dan suaranya pun lebih merata di seluruh Indonesia, khususnya di luar Jawa dan tidak sebatas dari kalangan tertentu saja.

“Untuk Airlangga, jelas jauh tidak bisa dibandingkan,” ucapnya.

Erick Thohir, tambah dia, juga bisa merambah basis suara yang belum dimiliki Prabowo Subianto yakni generasi milenial, khususnya masyarakat sepak bola, sebab aktif dalam dunia sepak bola. Misalnya, dengan pernah menjadi Presiden Inter Milan dan posisinya saat ini sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca Juga: Erick Thohir dan Khofifah, Pilihan Favorit Warga Jawa Timur untuk Bacawapres

Baca Juga: Dikaitkan Isu Politik, Erick Thohir Tegaskan Komitmen Urus PSSI

"Ini semua memperkuat modal sosial dan kekuatannya sebagai tokoh berpengaruh. Erick juga menguatkan Prabowo dari narasi dan isu perbaikan ekonomi, karena memiliki pengalaman panjang di bidang ekonomi, saat ini menjadi Menteri BUMN dan Ketua masyarakat Ekonomi Syariah,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner