Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati-Wakil Bupati HST Dilantik Besok, Disiarkan Langsung di Pendopo dan Auditorium

apahabar.com, BARABAI – Rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di Hulu Sungai Tengah (HST) dipastikan…

Featured-Image
H Aulia Oktafiandi-H Mansyah Sabri, Bupati dan Wakil Bupati HST priode 2021-2024./Foto-Prokom HST for apahabar.com.

bakabar.com, BARABAI – Rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di Hulu Sungai Tengah (HST) dipastikan berubah dari agenda sebelumnya.

Agenda pelantikan kepala daerah yang semula bakal dilaksanakan di daerah masing-masing secara virtual akan dipusatkan di Banjarmasin.

Selain bupati dan wakil bupati terpilih di HST ada juga dari 4 kabupaten/kota lainnya di Kalsel yang akan dilantik, yakni, Tanah Bumbu, Banjarbaru, Banjar dan Balangan.

Saat ini, Pemprov Kalsel tengah membahas teknis dan geladi pelantikan. Pemerintah dari 5 kabupaten/kota tadi juga ikut serta dalam rakoor pelantikan kepala daerah periode 2021-2024.

Pelantikan akan dipusatkan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Hanya pasangan kepala daerah terpilih didamping istri saja yang diperkenankan hadir di dalam ruangan.

Kabag Protokol dan Komunikasi (Prokom) HST, Aidi Rozain, menyebutkan
agenda pelantikan sepenuhnya dipegang oleh Humas Pemprov Kalsel, baik dalam hal pendokumentasian maupun materi.

“Pelantikan secara langsung dilaksanakan serentak di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin besok (26 Februari) pukul 09.00,” kata Aidi dikonfirmasi bakabar.com melalui WhatsApp, Kamis (25/2).

Hal itu, kata Aidi berdasarkan surat yang diterimanya dari Pemprov Kalsel.

“Yang melantik nanti langsung Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA,” terang Aidi.

Sementara di HST, Pemkab setempat sudah menyediakan tempat untuk menyaksikan langsung prosesi pelantikan yakni Pendopo Bupati dan Auditorium Kantor Bupati HST.

“Di pendopo, diarahkan untuk Forkopimda, anggota DPRD dan tokoh masyarakat HST. Sementara di Auditorium kita siapkan Metting Zoom untuk para kepala SOPD. Para ASN juga kami imbau dapat mengikuti agendanya,” tutup Aidi.

Sebelumnya, Pemkab HST telah melakukan berbagai persiapan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 2020 lalu, H Aulia Oktafiandi dan Mansyah Sabri.

Hal itu, kata Aidi berdasarkan instruksi Pemerintah Provinsi Kalsel. Khususnya bagi daerah di Kalsel yang tidak ada sengketa hasil pemilihan.

Selain melakukan pengkuran Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pemkab HST melalui Prokom telah melakukan sesi foto.

Pemkab juga sempat akan mempersiapkan tempat pelantikan. Baik dekorasi sampai kelengkapan lainnya untuk bupati dan wakil bupati nanti.

“Pelantikan akan dilaksanakan di Pendopo Bupati HST (samping rumah dinas bupati),” kata Aidi kepada bakabar.com, Rabu (24/2).

Mengenai waktu pelantikan, Aidi belum bisa memastikan. Namun berdasarkan rencana, pelantikan bupati dan wakil bupati HST terpilih akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 pukul 09.00 secara serentak melalui virtual atau dalam jaringan.

“Informasi ini masih informasi awal. Selanjutnya kita masih menunggu keputusan Kemendagri. Nanti Rakornya diikuti Pemprov kalsel besok,” terang Aidi.

Lantas bagaimana pelaksanaan pelantikan nanti?

Mengingat masa pandemi Covid-19 yang masih belum reda, kata Aidi, undangan akan dibatasi. Hanya bisa dihadiri oleh 20-25 orang yang telah ditunjuk.

Agenda pelantikan nantinya juga akan dilakukan secara virtual.

“Hal ini berdasarkan instruksi Pj Gubernur Kalsel. Nanti para Kepala SOPD HST juga akan mengikuti acara pelantikan secara virtual,” tutup Aidi.



Komentar
Banner
Banner