konser musik

Bukan Sekadar Konser, Begini Konsep Slank Rayakan 39 Tahun Berkarya

Slank bakal merayakan hari jadi yang ke-39 pada 26 Desember 2022. Dalam rangka menyambut ulang tahunnya itu, Bimbim cs akan menggelar tur konser Smile Indonesia

Featured-Image
Smile Indonesia jadi konsep perayaan 39 Tahun Slank Berkarya. (Foto: apahabar.com /Risma)

bakabar.com, JAKARTA - Slank bakal merayakan hari jadi yang ke-39 pada 26 Desember 2022 mendatang. Dalam rangka menyambut ulang tahunnya itu, Bimbim cs akan menggelar tur konser bertajuk Smile Indonesia.

Excited banget (untuk memulai tur), apalagi di tahun yang ke-39 ini kita tur ke lima kota,” ujar Bimbim dalam Press Conference HUT Konser Slank Beautiful Smile Indonesia di Black Stone Garage, Jakarta, Rabu (26/10).

Rangkaian tur bakal dimulai dari Kota Palembang pada 6 November 2022, kemudian dilanjutkan ke Makassar pada 10 November 2022. Konser belanjut dua minggu setelahnya, tepatnya 24 November di Banjarmasin, lalu 4 Desember 2022 di Surabaya.

Konser di empat kota tersebut bakal dibuka oleh penampilan spesial dari band Tipe-X. “Kita (Slank dan Tipe-X) punya market audiens yang hampir sama,” ungkap bassis Slank, Ivanka, ketika ditanya alasan memilih line-up.

Baca Juga: Bangkit dari Patah Hati, Lakukan Langkah Ini untuk Sembuhkan Diri

Tak berhenti di situ, perjalanan tur konser Smile Indonesia akan berakhir di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 11 Desember 2022. Acara puncak tersebut turut dimeriahkan oleh sederet musisi lain, di antaranya Pamungkas, Kunto Aji, dan Endank Soekamti.

Berkolaborasi dengan UMKM hingga Akademisi

Tidak hanya berkolaborasi dengan musisi lain, Smile Indonesia juga mengandeng UMKM, pelaku seni, hingga akademisi. Nantinya, konser di tiap kota akan dihiasi sejumlah booth yangdiperuntukkan bagi UMKM berjualan.

“Kita punya Slankops atau Slank Koperasi. Jadi, nanti booth-booth yang di lapangan itu dikoordinasikan oleh Slankops,” beber Ivanka.

Selain itu, konser Slank dalam rangka merayakan 39 tahun berkarya ini juga bakal dimeriahkan dengan kegiatan sosial. “Sebelum Bimbim cs naik ke panggung, kita melibatkan kegiatan sosial seperti ke panti asuhan,” ungkap Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang turut hadir dalam konferensi pers.

Slank rayakan hari jadi ke-39. (Foto: bakabar.com/Risma)
Slank rayakan hari jadi ke-39. (Foto: bakabar.com/Risma)

Ivanka pun membeberkan bahwa pihaknya juga berkolaborasi dengan sebuah studio animasi, DreamCatcher. Nantinya, mereka menampilkan sederet karya seni hasil anak bangsa bertema serupa: Smile Indonesia.

“Ada animasi juga yang bakal kita tayangkan, spesial di konser nanti,” ungkap Founder DreamCatcher, Oscar Herry.

Di samping itu, Slank turut melibatkan akademisi untuk memamerkan karya seni lainnya, yakni Fakultas Seni Rupa dan Desain dari Universitas Trisakti. Ada beberapa kegiatan yang menjadi bentuk kerja sama antara Slank dan Kampus Reformasi ini.

Baca Juga: Merah Kuning Hijau! Cermati Warna Bread Clip Roti Tawar untuk Prediksi Kedaluwarsa

Pertama, keduanya menggelar lomba foto, yang sudah dilakukan open submission sejak tiga minggu lalu. Hasil foto dari para pemenang itu nantinya juga bakal ditampilkan di konser Slank.

“Kedua, kita membantu foto profil promo untuk Smile Indonesia. Kita melibatkan mahasiswa dan sivitas akademika untuk pameran foto nanti,” jelas perwakilan dari Universitas Trisakti, Pongky.

Adakan Tribute untuk Korban Kanjuruhan

Mengingat jadwal konser Smile Indonesia masih berdekatan dengan Tragedi Kanjuruhan, Slank berencana mengadakan tribute alias penghormatan untuk para korban. Bila memungkinkan, grup musik yang sudah eksis sejak 1983 itu akan menghadirkan perwakilan dari Malang dan Surabaya.

“Kita mau menunjukkan bahwa itu adalah tragedi yang enggak bisa dilupakan begitu saja, dan itu harus jadi momentum untuk do something better dari yang sudah-sudah,” pungkas sang vokalis, Kaka.

Baca Juga: Clara Shinta Diduga Jadi Pelakor, Teh Pelangsing Miliknya Ikut Kena ‘Sentil’: Aman untuk Kesehatan?

Terlebih lagi, mayoritas Aremania yang meregang nyawa dalam Tragedi Kanjuruhan adalah penggemar Slank. “Banyak Slankers (sapaan penggemar Slank) yang jadi korban di sana, karena Aremania boleh dibilang Slankers juga,” kata Bimbim.

Demikianlah sekilas gambaran mengenai konsep yang bakal dilakoni Slank dalam tur konser hari jadinya yang ke-39. Kalau Anda berminat menghadiri gelaran ini, tiket bisa dipesan lewat website www.bostixx.com.

Tiket konser Slank dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp150.000. Sedangkan, untuk acara puncak di Prambanan, harganya beragam, mulai dari Rp200.000 hingga Rp1 juta.

Editor


Komentar
Banner
Banner