Olahraga

Bukan Pamer, Inilah Alasan Rihan Boyong Dua Mobil di Kejurnas Sprint Rally Jatim

Terkuak alasan HM Rihan Variza memboyong dua mobil sekaligus ke putaran kelima Kejurnas Sprint Rally 2023 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur,

Featured-Image
HM Rihan Variza bersama penasehat teknis HRVRT, Tb Adhi, di putaran kelima Kejurnas Sprint Rally 2023. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, MALANG - Terkuak alasan HM Rihan Variza memboyong dua mobil sekaligus ke putaran kelima Kejurnas Sprint Rally 2023 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/10).

Pereli sekaligus pemilik HRVRT Binuang, Kalimantan Selatan, tersebut memboyong dua mobil spek World Rally Championship (WRC) 2 sekaligus ke paddock.

Selain Ford Fiesta Rally 2 yang sudah dipakai untuk melewati empat seri sebelumnya, Rihan Variza juga membawa Hyundai i20 N Rally2 versi terbaru.

Belakangan Rihan memilih Hyundai i20 N Rally2 yang sedianya baru tiba, Selasa (10/10). Sementara dalam beberapa kali latihan di trek, Rihan menggunakan Ford Fiesta.

Hasil yang diperoleh tidak begitu buruk, karena ayah tiga putra itu membukukan waktu tercepat keempat. Puncak klasemen kejuaraan umum pun masih dapat dipertahankan.

Belakangan diketahui Hyundai i20 N Rally2 tersebut merupakan pemberian HM Zaini Mahdi yang merupakan ayah Rihan.

Baca Juga: Kejurnas Sprint Rally 2023, Rihan Variza Bertahan di Papan Atas

Baca Juga: Wow! Rihan Variza Bawa Dua Mobil Spek WRC di Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri Kelima

Bahkan Zaini yang biasa disapai H Ijai, sebenarnya sudah menginginkan Rihan menggunakan Hyundai i20 N Rally2 sejak seri keempat di Bandung.

"Alasan kami memakai mobil baru karena itu hadiah dari orang tua," tulis Rihan melalui akun Instagram pribadi, Selasa (17/10).

"Alhamdulillah dan terima kasih kepada beliau. Saya juga senang bisa mencoba hal baru," sambung pria kelahiran 5 Desember 1986 ini.

Tentu bukan perkara mudah mengubah kebiasaan. Dengan hanya waktu dua hari persiapan, HRVRT belum sempat melakukan perubahan yang ekstrem.

Lantas dengan niat membahagiakan dan menghargai pemberian orang tua, Rihan bersama co-driver Anthony Sarwono berusaha semampunya menjinakkan Hyundai i20 N Rally2.

Dibekali mesin 1.6 liter turbocharged, Rihan merasakan Hyundai i20 N Rally2 memiliki power mumpuni. Namun lantaran minim adaptasi, Rihan belum sepenuhnya bisa mengontrol mobil di tikungan.

"Pertama kali mencoba Hyundai i20 N Rally2, power terasa impresif sehingga butuh penyesuaian ekstra. Sistem pengereman juga berbeda dengan Ford Fiesta," jelas Rihan.

"Artinya kami masih punya banyak pekerjaan rumah untuk mendapatkan setingan terbaik. Mudahan bisa latihan lagi dan semoga kedepan menjadi lebih baik," pungkasnya.

HRVRT di Malang
HM Rivan Variza menjajal Hyundai i20 N Rally2 dalam latihan privat di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur, Kamis (12/10). Foto: HRVRT Official
Editor


Komentar
Banner
Banner