Reli Dakar 2024

Bukan MotoGP, Aprilia Racing Siap Comeback pada Reli Dakar 2024

tim Aprilia Racing bermaksud untuk kembali mendulang prestasi di balap reli Dakar pada tahun 2010-2012 silam.

Featured-Image
Bukan MotoGP, Aprilia Racing siap ikut balap off-road. (Foto: dok. Wide Magazine)

bakabar.com, JAKARTA - Aprilia Racing bersiap untuk kembali mengikuti balapan di tahun 2024. Hanya saja, bukan ajang MotoGP yang akan diikuti tim tersebut, melainkan balap rally off-road.

Menengok kebelakang, tim Aprilia Racing bermaksud untuk kembali mendulang prestasi di balap reli Dakar pada tahun 2010-2012 silam.

"Aprilia Racing kembali melaju di dunia balap off-road, ke balapan yang menempa divisi tersebut sejak awal berdiri. Kami ingin terus berkembang di dunia balap motor Grand Prix dan balapan on-track," kata CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola dalam keterangan resmi, Senin (6/2).

Pada proyek bertajuk "Back to Africa" pabrikan asal Noale, Italia tersebut akan menggunakan Aprilia Tuareg 660 terbaru sebagai motor andalannya.

Baca Juga: Diler Motoplex 4 Brand Piaggio Anyar Hadir di Denpasar Bali

Menargetkan kembali ke Reli Dakar 2024 menggunakan Aprilia Tuareg 660 pastinya memiliki nilai emosional bagi mereka.

Diketahui, saat pertama kali mengikuti Reli Dakar pada tahun 1989, Aprilia juga menggunakan Tuareg di perhelatan tersebut.

Yang membedakan adalah, rencana Aprilia untuk menggunakan Tuareg 660 akan terbentur dengan aturan Reli Dakar yang kini hanya memperbolehkan motor bermesin satu silinder dengan kubikasi 450 cc.

Baca Juga: Andalkan Mobil FW45, Tim Williams Racing Siap Arungi Formula 1 2023

Padahal Aprilia Tuareg 660 sendiri didukung oleh mesin paralel-twin 660 cc tentunya tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Kendati demiikian, pihak Aprilia mengaku akan terus mengembangkan Tuareg 660 agar comeback itu terwujud di ajang Reli Dakar 2024 nanti.

Duet Pembalap Aprilia

Adapun proyek Aprilia Tuareg akan diawasi oleh Jacopo Cerutti, pebalap Italia yang membawa pengalaman luasnya ke dalam pengembangan Aprilia Racing.

"Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek ini, bekerja dengan merek yang 100 persen Italia dan memiliki sejarah hebat dalam olahraga adalah sumber kebanggaan yang luar biasa. Ini akan menjadi tantangan baru bagi saya, datang dari pengalaman mengendarai (motorbike) Enduro 450," tukas Cerutti.

Baca Juga: Honda Siapkan Civic Type R-GT Konsep untuk Balap Super Series

Sebagai catatan, dirinya pernah meraih beberapa kemenangan pada Motorally Italia atas nama dirinya, termasuk membawa pulang empat gelar Enduro Italia dan satu gelar Enduro Eropa, serta telah enam kali berpartisipasi dalam rally Dakar.

Nantinya ia akan didukung oleh Francesco Montanari, pebalap Enduro tingkat nasional Italia yang meraih performa rookie di ajang Tricolore Motorally tahun lalu.

Sejarah Aprilia di Balap Rally

Sebelum berniat mengikuti Reli Dakar 2024, Aprilia terakhir kali sempat turun pada kasta tertinggi balap rally raid itu pada 2012.

Mengandalkan pembalap kawakan Francisco Lopez, Aprilia sukses memenangkan etape pembuka dan menempati posisi keempat selama berlangsungnya Reli Dakar tahun itu.

Nahasnya, Lopez terjatuh dari Aprilia RXV Rally 450 tunggangannya dan terpaksa mengundurkan diri akibat cedera lutut yang kambuh akibat insiden tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner