LIFESTYLE

Bukan Indonesia Saja, Gelombang Panas Melanda India sampai Aspal Meleleh

Gelombang panas yang parah telah melanda sebagian besar negara-negara di Asia.

Featured-Image
Aspal meleleh di jalan raya India akibat gelombang panas ekstrem. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Gelombang panas yang parah telah melanda sebagian besar negara-negara di Asia.

Bahkan di India hingga menyebabkan kematian dan penutupan sekolah akibat suhu panas yang ekstrem. Suhu panas ini juga sampai memecahkan rekor di China. Perubahan cuaca yang cukup ekstrem ini dinamakan Heat Wave.

Di Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi peningkatan suhu panas yang menyebabkan udara makin terasa panas selama sepekan terakhir.

"Ciputat, Tangerang Selatan, mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada 17 April 2023 37,2 derajat Celcius," tulis BMKG di akun Instagram resminya pada Senin (24/4).

Di antara negara Asia, Bangladesh mencetak rekor suhu tertinggi yang tembus di atas 50 derajat celcius. Tepatnya di Kumarkhali, Kushtia dengan suhu 51,2 derajat celcius pada 17 April 2023.

Akibat gelombang panas yang terjadi di beberapa negara di Asia salah satunya India, membuat jalan aspal meleleh. Hal ini pun mengakibatkan banyak kendaraan terjebak di atas jalan aspal yang mencair.

Selain itu, pengguna kendaraan roda dua juga berusaha melepas sepatu yang sudah menempel. bahkan ada yang terpaksa meninggalkan sepatu mereka karena sulit melepaskan sepatu di atas aspal yang meleleh.

Sementara itu, di Thailand pada hari Sabtu kemarin otoritas setempat memperingatkan penduduk di sebagian besar negara, termasuk ibu kota Bangkok, untuk menghindari keluar rumah karena panas yang ekstrem.

Pihak berwenang memperingatkan warga untuk menghindari aktivitas di luar ruangan dan mewaspadai bahaya serangan panas.

Editor


Komentar
Banner
Banner