Pemkab Kapuas

Buka Sosialisasi Cagar Budaya, Begini Harapan Plt Bupati Kapuas Nafiah Ibnor

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas, Kalteng menggelar sosialisasi cagar budaya Kabupaten Kapuas tahun 2023 di Aula Hotel Permata Inn

Featured-Image
Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menyematkan kartu tanda peserta sosialisasi cagar budaya Kabupaten Kapuas. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas, Kalteng menggelar sosialisasi cagar budaya Kabupaten Kapuas 2023 di Aula Hotel Permata Inn Jalan Seroja Kuala Kapuas, Senin (26/6/2023).

Kegiatan sosialisasi yang diikuti peserta dari organisasi budaya masyarakat, tokoh dan pelaku seni dan juga masyarakat Kapuas tersebut dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor.

Adapun para narasumber yakni dari Badan Risat dan Inovasi Nasional RI dan juga Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Kapuas Ida Bagus Putu Prajna Yogi.

Kemudian dari Disbudpora Kalteng dan juga Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Kapuas Gauri Vidia Dhaneswara beserta anggota Tim Ahli Cagar Budaya Kapuas Damayanto Santosa Uda dan perwakilan tokoh adat/masyarakat Kapuas J S Lamon.

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor dalam sambutannya menyampaikan dukungan, apresiasinya dan menyambut baik terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, dengan harapan bisa terus dilestarikan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya lokal yang terkandung di dalamnya.

“Saya juga berharap seni dan budaya daerah harus kita jaga, lestarikan dan diperkenalkan di lingkungan pelajar, mahasiswa dan masyarakat sehingga cagar budaya daerah menjadi salah satu subjek yang di minati,” kata Nafiah.

Dirinya juga mengharapkan kepada juru pelihara cagar budaya yang telah di tunjuk untuk memelihara cagar budaya Kabupaten Kapuas yang telah ditetapkan dan selalu memberikan pelayanan terbaik sehingga menumbuhkan kesan kepada para wisatawan lokal dan asing.

“Mari kita bersama-sama melestarikan dan memajukan seni budaya daerah sebagai jati diri kita menuju Kalteng Harati dan Kalteng Berbudaya serta sebagai wujud kecintaan kita terhadap kearifan budaya lokal warisan nenek moyang yang tak terniali harganya,” ucap Nafiah Ibnor.

Sementara Plt Kepala Disbudpora Kapuas Agusthe, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan inspirasi bagi pelaku seni budaya.

"Termasuk pelaku adat budaya, juru pelihara cagar budaya serta masyarakat untuk lebih mengerti dan memahami cagar budaya itu sendiri," pungkas Agusthe. 

Editor


Komentar
Banner
Banner