Pemkab Kapuas

Buka Rakornis Pembentukan BUMDesma, Begini Harapan Sekda Kapuas

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar rapat koordinasi tekhnis pembentukan badan usaha miliki desa bersama (BUMDesma), J

Featured-Image
FOTO : Rapat koordinasi pembentukan badan usaha milik desa bersama di Kapuas, Kalteng. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar rapat koordinasi tekhnis pembentukan badan usaha miliki desa bersama (BUMDesma), Jumat (3/2).

Kegiatan rapat koordinasi teknis yang dihadiri para camat dan kepala desa itu dibuka oleh Sekda Kapuas Septedy didampingi Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan.

Septedy berharap dengan adanya kegiatan ini semua BUMDesma di masing-masing kecamatan nantinya bisa memilih usaha apa yang akan dijalankan.

"Kita juga berharap teman-teman (kades) nanti bisa memilih pengurus-pengurus yang mempunyai kapasitas, kejujuran dan punya kemampuan di dalam memajukan BUMDesma," katanya.

Septedy juga berharap semua BUMDesma nantinya bisa berkolaborasi sehingga dapat memajukan badan usaha milik desa bersamanya kedepan.

"Tentunya ini akan berujung pada pendapatan asli desanya masing-masing," ujar Septedy.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan, menjelaskan bahwa BUMDesma adalah merupakan gabungan dari unit-unit badan usaha milik desa.

Dengan terbentuknya BUMDesma kapasitas modal akan jauh lebih besar. Kemudian daya jangkau dan desfisikasi usahanya pun akan lebih variatif dan lebih luas lagi.

"Untuk itu kita dorong semua desa di Kapuas membentuk BUMdesma. Kami targetkan tahun ini ada enam BUMDesma yang sudah terbentuk," pungkas Budi Kurniawan.

Baca Juga: Gelar Musrenbang, Begini Usulan Skala Prioritas Kecamatan Basarang Kapuas

Editor


Komentar
Banner
Banner