Kalteng

Budidaya Semangka di Desa Lagun Kapuas Cukup Menjanjikan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas Kalteng, miliki potensi sebagai…

Featured-Image
Perkebunan buah semangka di Desa Saka Lagun Kabupaten Kapuas, Kalteng. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas Kalteng, miliki potensi sebagai sentra lokasi pertanian budidaya buah semangka.

Perkebunan semangka di desa ini tersebar di beberapa tempat dan lokasi perkebunan seperti di RT 7 dan RT 8 Desa Saka Lagun.

“Perkebunan budidaya semangka di desa kami memang sangat menjanjikan,” kata Kepala Desa Seka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Julkipli, di Kuala Kapuas, Rabu (10/2).

Menurut Julkipli di desa memang terdapat lahan tadah hujan dan setiap tahun mengembangkan budidaya tanaman buah semangka, yang saat ini sedang panen berada di RT 7.

“Untuk sekali panen, bisa menghasilkan hampir 5 ton semangka dengan berat buah paling besar yaitu 8 sampai 12 kilogram,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemasaran, lanjut Julkipli, hasil panen buah semangka petani Desa Saka Lagun dikirim atau dijual ke wilayah Kabupaten Kapuas, Palangka Raya serta Banjarmasin.

Nah, pada tahun 2021 ini, Julkipli mengungkapkan bahwa di desanya akan ada pengembangan perkebunan semangka dari Pemkab Kapuas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

“Warga tentu sangat antusias sekali, karena dengan adanya dukungan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan hasil ataupun produksi perkebunan semangka, sehingga membuat warga semakin lebih giat lagi," pungkas Julkipli.



Komentar
Banner
Banner