Mudik Lebaran 2023

BPJS Siapkan Posko Mudik di 5 Titik, Ada Layanan Pijat Relaksasi

BPJS Kesehatan menyiapkan posko mudik di lima titik arus lalu lintas padat pemudik lebaran 2023.

Featured-Image
Suasana penumpang di loket Terminal Kalideres Jakarta Barat. Foto: apahabar.com/Thomas

bakabar.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan menyiapkan posko mudik di lima titik arus lalu lintas padat pemudik pada lebaran 2023. Adapun lima layanan yang disediakan salah satunya adalah pijat relaksasi.

"Di posko nanti pemudik bisa periksa kesehatan. Kita juga upayakan ada layanan pijat, baik itu menggunakan mesin ataupun petugas,” kata Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan saat konferensi pers di kantornya, Kamis (6/4).

Selain pijat relaksasi, disediakan juga layanan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

"Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut," imbuhnya.

Baca Juga: Heru Budi Larang ASN DKI Mudik ke Kampung Pakai Mobil Dinas

Selain itu, Ghufron mengimbau kepada seluruh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk beristirahat dua jam sekali. Tujuannya tentu saja agar pemudik bisa menunaikan mudik lebaran tahun ini dengan aman.

“Kita ingatkan, harusnya perjalanan mudik itu setiap dua jam beristirahat. Supaya aman,” tegas Ghufron.

Adapun kelima titik Posko mudik tersebut yakni di Terminal Pulogebang Jakarta, rest area Tol Cikampek Km 57 Karawang, rest area Tol Ungaran Km 429 Semarang, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, dan Posko Siaga RAFI pada arus balik di rest area Banjartama Km 260 B Brebes.

"Posko Mudik akan kami resmikan pada 18 April 2023 di Terminal Pulo Gebang dan akan tersedia pada 18-21 April 2023. Sedangkan Posko Balik pada 25-27 April 2023," jelasnya.

Baca Juga: Mau Mudik Pakai Mobil Listrik? Pahami Dulu Bahayanya!

Sementara itu, bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap bisa mengakses pelayanan khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi kepesertaan JKN di masa libur lebaran.

Akses pelayanan yang terbuka bagi peserta di saat masa libur lebaran tahun 2023 ini merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta.

"Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur lebaran. Dengan adanya kebijakan khusus selama libur lebaran 2023, ini dapat memastikan peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner