Kalteng

BPBD Kapuas Imbau Warga Waspadai Fenomena La Lina

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Kalteng, mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai…

Featured-Image
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Kalteng, mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai fenomena La Lina.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan La Lina merupakan fenomena penurunan suhu muka laut di wilayah Samudera Pasifik bagian timur dan tengah.

Hal ini menyebabkan masa udara bergerak ke Indonesia, sehingga berpotensi meningkatkan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Kalteng.

“Curah hujan di Kalteng diperkirakan berada pada kriteria menengah dan tinggi dengan kisaran curah hujan 200 sampai 500 milimeter perbulan pada November 2021 sampai Januari 2022,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (5/11).

Untuk itu, Panahatan Sinaga mengimbau masyarakat Kapuas, terutama di wilayah hulu Kapuas untuk mewaspadai curah hujan yang sangat tinggi.

“Dengan sejak dini kita informasikan prakiraan-prakiraan curah hujan ini kepada masyarakat di sana (wilayah hulu Kapuas), sehingga kita harapkan masyarakat pun bisa lebih waspada lagi,” ujarnya.

“Hati-hati juga dengan angin kencang dan angin puting beliung, termasuk pohon tumbang,” pungkas Panahatan Sinaga.



Komentar
Banner
Banner