Regional

Bogor Mulai Mengering, Jasinga dan Nanggung Kesulitan Air Bersih

Kekeringan mulai melanda di Kecamatan Jasinga dan Nanggung, Bogor, Jawa Barat. 5.263 warga kesulitan sumber air bersih.

Featured-Image
Kekeringan Melanda Jasinga dan Nanggung Bogor, 5.263 Jiwa Terdampak. Foto: Dok. BPBD Kabupaten Bogor

bakabar.com, BOGOR -  Kekeringan mulai melanda di Kecamatan Jasinga dan Nanggung, Bogor, Jawa Barat. 5.263 warga kesulitan sumber air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor coba menangani. Sejak awal bulan tadi mereka mendistribusikan air bersih untuk warga.

Contohnya saja, Jumat (9/6) tadi. Sebanyak 65 ribu liter air sudah didistribusikan di dua kecamatan itu.

"Total 65 liter air bersih didistribusikan ke wilayah Kecamatan Jasinga dan Nanggung," kata Plt Kasi Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Cecep Dais.

Baca Juga: Balikpapan Barat Krisis Air Bersih

Dais merincikan, masing-masing 10 ribu liter air bersih dibagikan untuk 148 KK di Kampung Liud, Jasinga. Di sana ada 592 jiwa.

"Kemudian 10 ribu liter untuk 152 KK berisi 603 jiwa bagi masyarakat Kampung Roke," sebutnya.

Yang terbanyak didistribusikan di Desa Kalong Liud, Nanggung. Di sini 45 ribu liter air bersih untuk 1.408 KK disalurkan. Penduduknya total ada sebanyak 4.068

Perdistribusian air bersih sudah dilakukan sejak awal bulan tadi. Cecep mengatakan, hal ini akan dilakukan rutin bertahan 

Baca Juga: BPBD Cilacap Waspadai Krisis Air Bersih Selama Kemarau Panjang di Jateng

"Pendistribusian air menggunakan dua metode. Pertama, dibagikan langsung ke warga. Kedua, kami tampung ke toren-toren air," ungkapnya.

Ia mrnambahkan, warga yang mengalami kekeringan air juga bisa melapor ke petugas BPBD. Mereka selalu bersiaga menerima laporan.

"Jika ada permintaan air bersih, kami siap kirim dan mendistribusikan bantuan menggunakan mobil tangki air dengan bantuan lima personal tim reaksi cepat," terangnya.

BPBD juga telah memasang toren penampungan air bersih di 24 titik. 13 tersebar di Nanggung, dan sisanya di Jasinga.

Baca Juga: Penghuni Rusunawa Marunda Keluhkan Kesulitan Air Bersih

Cecep mengimbau masyarakat Bogor. Terutama untuk wilayah-wilayah yang berpotensi kesulitan air. Jangan lupa siapkan penampungan.

"Kepada seluruh masyarakat Bogor untuk bijak menggunakan air bersih dan selalu sediakan penampungan air untuk antisipasi terjadinya kekeringan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner