Tak Berkategori

Bocah Mengemis di Ahmad Yani Banjarmasin, Diduga Korban Eksploitasi Anak

apahabar.com, BANJARMASIN – Belum lama ini, foto anak diajak mengemis di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kota…

Featured-Image
Bocah mengemis di Banjarmasin diduga korban eksploitasi anak. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN – Belum lama ini, foto anak diajak mengemis di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarmasin viral di media sosial (medsos).

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin akhirnya mengambil tindakan.

Kepala DP3A Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi menyampaikan bahwa situasi tersebut memang mengarah ke dugaan eksploitasi anak.

Atas itulah, pihaknya sudah ke tempat tinggal dari bocah yang bersangkutan untuk mengumpulkan keterangan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengumpulkan sederet data. Mulai dari kelurahan, kecamatan, dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polresta Banjarmasin.

"Langkah selanjutnya kami rapatkan. Baik upaya yang kami lakukan terhadap anak, dan orang-orang yang diduga melakukan eksploitasi,” ujarnya.

Fitriadi menerangkan bahwa penyebab dugaan eksploitasi anak umumnya dipicu lantaran faktor ekonomi.

Misalnya, dengan menyuruh anak-anak di bawah umur berjualan atau mengemis di jalanan, bisa memicu warga untuk merasa lebih berempati.

Peristiwa ini informasinya beragam, kata dia bahwa anak diminta berjualan, sekaligus minta-minta.

"Menjawab persoalan ini, dinas kami mencari solusi yang terbaik untuk anak. Konteksnya, dinas kami ini melindungi anak. Itu yang jadi prioritas kami,” ucapnya.

Fitriadi menjelaskan bahwa kondisi bocah yang viral tersebut sehat saja. Meskipun belakangan, dari informasi yang didengar, si bocah kerap mendapat tindakan kekerasan.

“Anak yang mendapat kekerasan, biasanya secara psikologis bisa terganggu. Tapi kemarin, bisa diajak komunikasi, meskipun keterangannya sering berubah-ubah. Karena masih anak-anak, itu hal biasa,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner