Tak Berkategori

BMKG: Waspada, Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di 5 Wilayah Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Cuaca cerah berawan terpantau di seluruh wilayah Kalimantan Selatan, pagi hari ini. Namun,…

Featured-Image
Prakiraan Cuaca BMKG. Foto-apahabar.com/infografis

bakabar.com, BANJARMASIN – Cuaca cerah berawan terpantau di seluruh wilayah Kalimantan Selatan, pagi hari ini. Namun, tetap saja potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih akan melanda sejumlah wilayah pada siang, malam, dan dini hari nanti.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terdapat lima wilayah mengalami cuaca ekstrem. Terutama untuk tiga daerah di Kalsel. Seperti Amuntai (Hulu Sungai Utara), Batulicin (Tanah Bumbu) dan Kotabaru.

Baca Juga: Kebakaran Kuin Cerucuk Diperkirakan Capai Ratusan Juta

Terpantau gumpalan awan hitam disertai petir di Amuntai pada siang hari. BMKG memprakirakan akan terjadi hujan lebat berpetir di semua wilayah ibukota Hulu Sungai Utara tersebut.

Potensi hujan juga terjadi pada malam hari. Hanya saja intensitas hujan berkurang. Dari data BMKG, terpantau saat itu hanya terjadi hujan lokal. Hujan berangsur-angsur reda, saat langit di sana terpantau berawan pada dini harinya.

Secara umum suhu udara di Amuntai berada pada kisaran 24-33 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban ada pada 95 persen. Sedangkan kecepatan angin yang patut diwaspadai pada siang hari. Karena angin bertiup dengan kecepatan 19 km/jam.

Kondisi cuaca di Amuntai, juga berpotensi terjadi di Batulicin (Tanah Bumbu). Hanya saja di sini, terpantau awan hitam pekat disertai petir pada malam hari. Artinya, besar kemungkinan hujan lebat disertai petir akan terjadi.

Cuaca ekstrem tersebut tidak terlihat pada pagi, siang dan dini harinya. Terpantau cuaca di sana cerah berawan.

Secara umum suhu udara di Batulicin berada pada kisaran 24-33 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban ada pada rentang 60-95 persen. Sedangkan kecepatan angin yang patut diwaspadai pada siang hari. Karena angin bertiup dengan kecepatan 28 km/jam.

Sementara itu untuk Kotabaru terpantau hujan akan terjadi pada siang dan malam hari. Sementra untuk pagi dan dini hari cuaca dalam keadaan cerah berawan.

Hujan lebat disertai petir diprakirakan melanda Kotabaru pada malam hari. Sedangkan siang hari, hujan terpantau hanya terjadi di beberapa lokasi.

Secara umum suhu udara di Amuntai berada pada kisaran 24-33 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban ada pada 95 persen. Sedangkan kecepatan angin yang patut diwaspadai pada siang hari. Karena angin bertiup dengan kecepatan 28 km/jam.

Karenanya tiga wilayah ini termasuk dalam lima kabupaten di Kalsel dalam peringatan dini BMKG. Karenanya warga pun diminta untuk waspada, terutama saat hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota/Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG, Rabu (03/04/2019).

Sedangkan untuk Kandangan (Hulu Sungai Selatan) terpantau hujan akan terjadi pada siang hari dan malam hari. Sementara Tanjung (Tabalong) justru tak mengalami hujan. Akan tetapi BMKG tetap memperingatkan warga untuk waspada, karena adanya potensi perubahan cuaca disetiap saat.

Di sisi lain, untuk tiga wilayah seperti Banjarmasin, Martapura dan Banjarbaru, masih terpantau hujan. BMKG memprakirakan hujan terjadi pada siang dan malam hari. Sedangkan untuk pagi dan dini harinya, dalam keadaan cerah berawan.

Baca Juga: Penuturan Rekan Mayat Bernama Eko yang Tewas di Manarap

Secara umum untuk seluruh kab/kota di Kalsel, suhu udara dalam keadaan normal. Yakni berada pada kisaran 24-33 derajat celcius. Sementara tingkat kelembaban ada di rentang 60-95 persen. Sedangkan untuk kecepatan angin cukup bervariasi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner