Cuaca Hari Ini

BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Indonesia Hujan Lebat

Sebagian besar wilayah Indonesia akan dilanda hujan labat. Beberapa wilayah juga akan diterjang angin kencang.

Featured-Image
BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang ancam Kalsel hari ini. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter berpotensi menerjang beberapa wilayah di Indonesia, Senin (3/7).

Potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Hujan lebat juga akan melanda Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam turut berpotensi menerjang wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Untuk wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung, akan dilanda hujan disertai kilat atau petir.

Kondisi yang sama perlu diwapadai wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Selanjutnya BMKG mengingatkan potensi kebakaran hutan terjadi di wilayah Aceh dan Kalimantan Tengah. Mereka meminta warga mewaspadai kebakaran yang bisa berdampak luas.

Editor


Komentar
Banner
Banner