prakiraan cuaca

BMKG Ingatkan Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Bepotensi Dilanda Angin Kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni akan dilanda angin kencang.

Featured-Image
Ilustrasi cuaca buruk di pelabuhan penyeberangan. (Foto: Radar Sorong)

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni akan dilanda angin kencang dengan kecepatan 0,5-45 km/jam pada Minggu sore. Hal itu juga akan disertai hujan ringan.

"Karena itu pelaku pelayaran diharapkan waspada untuk menghindari kecelakaan laut," kata Wahyu Argo, petugas Prakirawan Cuaca BMKG seperti dilansir Antara, Minggu (1/1)

Karena itu Wahyu mengimbau agar pelaku pelayaran lintas penyeberangan Merak -Bakauheni dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan penumpang.

Baca Juga: Sambut Awal Tahun 2023, BMKG Prediksi Cuaca Indonesia Didominasi Hujan Ringan

Sebelumnya, cuaca buruk terjadi pada Sabtu (31/12) dari pukul 14.40 WIB sampai pukul 22.00 WIB yang membuat ASDP menutup jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

ASDP kemungkinan akan menutup kembali penyeberangan Merak-Bakauheni jika cuaca disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Karena itu, para pengguna jasa agar tidakn memaksakan kehendak untuk menyeberang jika kondisi cuaca sedang buruk.

"Kami mendukung layanan lintasan penyeberangan Merak- Bakauheni ditutup sementara demi keselamatan penumpang, bila cuaca buruk terjadi di selat Sunda bagian utara," katanya.

Menurut dia, di perairan Merak- Bakauheuni diperkirakan tinggi gelombang antara 0,5-2,0 meter. Selain itu pada sore hari dilanda hujan dengan intensitas ringan dan tiupan angin dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan 5-40 km/jam.

Baca Juga: BMKG Prediksi Minggu Pagi hingga Siang DKI Jakarta Diguyur Hujan

Namun, secara umum diperkirakan berawan dan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan mencapai 5-20 km/jam.

Sementara itu, pada siang hari ini hingga menjelang sore hari akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan terdapat potensi peningkatan kecepatan angin mencapai 05-45 km/jam.

"Kami terus menginformasikan cuaca kepada otoritas Pelabuhan Merak untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan Natal dan tahun baru (nataru) agar selamat sampai tujuan," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner