Pemkab Kapuas

BKPSDM Kapuas Gelar Pemetaan Potensi dan Kompetensi Bagi ASN

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas, Kalteng menyelenggarakan pemetaan penilaian potensi dan kompetensi menggunakan metode co

Featured-Image
Kegiatan pemetaan potensi dan kompetensi bagi ASN lingkup Pemkab Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas, Kalteng menyelenggarakan pemetaan penilaian potensi dan kompetensi menggunakan metode computer assisted competency test (CACT) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Kapuas, Senin (19/6/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor BKPSDM Kapuas selama dua hari tersebut dibuka secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Ahmad M Saribi didampingi Kepala BKPSDM Kapuas Komari dan Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg VIII Banjarmasin Hospita Gloria Situmorang.

Dalam arahannya, Asisten Administrasi Umum Ahmad M Saribi, mengatakan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memetakan potensi dan kompetensi masing-masing ASN, terutama pada pejabat administrator, fungsional dan pengawas.

“Kita memang dari awal sudah ada kesepakatan dengan BKN dan KASN bahwa ini merupakan tolak ukur untuk melihat sejauh mana ASN itu bekerja ditempatnya yang benar," kata Saribi.

"Jadi, sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki, sehingga nantinya di dalam penempatan ASN ini berdasarkan kemampuan, kompetensi dan juga kualifikasi kinerja,” imbuhnya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg VIII Banjarmasin Hospita Gloria Situmorang, menuturkan seiring dengan perkembangan teknologi digitalisasi yang sangat pesat, termasuk juga dalam hal penyelenggaraan manajemen ASN, maka diperlukan pengembangan SDM yang semakin maju.

Terutama terkait kompetensi dan adaptif dalam menanggapi hal tersebut. Oleh karena itu lanjut Gloria, pengembangan metode dan instrumen tolak ukur untuk penilaian kompetensi merupakan faktor yang krusial.

"Karena melalui hal ini mampu menggali kompetensi dan dapat memprediksi keberhasilan pegawai ataupun pejabat pemerintah yang dalam hal ini adalah ASN,” ungkap Hospita Gloria Situmorang.

Sementara Kepala BKPSDM Kapuas Komari, menjelaskan tujuan kegiatan ini dalam rangka penyediaan data potensi dan kompetensi ASN untuk peningkatan dan penguatan implementasi manajemen talenta dan sistem merit bagi ASN dilingkup Pemkab Kapuas.

“Prosedur tesnya dilaksanakan melalui metode Computer Assisted Competency Test (CACT) yang difasilitasi langsung oleh Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama dengan Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin," beber Komari.

"Adapun peserta tes terdiri dari pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional penyetaraan,” pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner