Akselerasi Inovasi SDG

Bisnis Berkelanjutan, UNGC Luncurkan Akselerasi Inovasi SDG bagi Profesional Muda

UN Global Compact secara resmi meluncurkan sekaligus menyosialisasikan program Akselerasi Inovasi SDG untuk Profesional Muda.

Featured-Image
Diskusi Bertajuk 'Peluncuran Perdana Program Akselerasi Inovasi SDG Untuk Profesional Muda di Indonesia', Selasa (30/5)(Foto:apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA – United Nations Global Compact (UN Global Compact) secara resmi meluncurkan dan menyosialisasikan program Akselerasi Inovasi SDG untuk Profesional Muda

Program ini dirancang untuk melibatkan para pemimpin muda yang bekerja di perusahaan-perusahaan anggota UN Global Compact. Ini merupakan komitmen untuk melakukan gerakan pembaruan melalui para pemuda, demi mempercepat transisi menuju model bisnis berkelanjutan yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam paparannya mengungkapkan semakin kompleksnya tantangan di dunia saat ini menuntut semua masyarakat untuk selalu berinovasi dan berkolaborasi.

“Kuncinya adalah kolaborasi. Oleh karena itu, saya ingin mengajak dan membuka kolaborasi yang lebih luas agar berbagai masalah dan tantangan bisa terselesaikan, dengan menyertakan SDG di setiap langkah kita. Saya juga mengapresiasi IGCN untuk inisiatif peluncurannya hari ini," ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya via zoom di Jakarta, Selasa (30/5).

Baca Juga: Dana Terbatas, Begini Strategi Bappenas Wujudkan SDGs 2030 Tepat Waktu

Sandiaga menambahkan, "Tetap semangat untuk para inovator Indonesia sebagai future champion. Bagi perusahaan yang menjadi pelopor, mari terus dukung dengan menyumbangkan bibit mudanya agar langsung terjun ke masyarakat untuk memberikan dampak baik."

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno mengutip pernyataan Sekjen PBB António Guterres yang mengatakan, pembangunan berkelanjutan merupakan lebih dari sekedar tujuan. Ini adalah tanggung jawab kita untuk Bumi dan generasi masa depan.

"Setiap langkah kecil yang diambil merupakan bentuk kasih sayang untuk para pemuda," imbuh Sandiaga.

Senada, perwakilan UN Global Compact Y.W. Junardy menjelaskan tentang Program Akselerasi Inovasi SDG untuk Para Profesional Muda sebagai bentuk komitmen Indonesia Global Compact Network (IGCN) dalam mendukung pengarusutamaan pendekatan pemikiran yang berfokus terhadap SDG. IGCN merupakan jaringan lokal United Nations Global Compact (UNGC).

Baca Juga: ASEAN Youth, Menparekraf: Turut Promosikan Labuan Bajo

"Indonesia harus menyusul ketertinggalan dalam pencapaian target SDG. Untuk merespon hal ini, UN Global Compact yang diwakili oleh IGCN membuat beragam program akselerasi, yang salah satunya adalah Akselerasi Inovasi SDG untuk profesional muda," ujar Junardy.

Harapannya, perusahaan bisa memperoleh manfaat yaitu peningkatan kemampuan sumber daya manusia dan membuka jejaring baru melalui para pemuda dengan mengetahui kesempatan-kesempatan baru di pasar yang lebih luas.

Sebagai informasi, di acara peluncuran itu terdapat 72 inovator muda yang mewakili 16 perusahaan dan mereka memamerkan 18 program inovasi keberlanjutan.

Baca Juga: ASEAN Business Awards 2023, Arsjad: Ajang Inovasi Bisnis di Kawasan

Inovasi tersebut di antaranya; program pemberdayaan petani, kesempatan kerja untuk perempuan, pembiayaan untuk UMKM, energi terbarukan, peningkatan perekonomian lokal dengan pertanian berkelanjutan, peningkatan literasi perubahan iklim, keuangan digital, pemberdayaan masyarakat dengan basis ekonomi sirkuler,dan penciptaan tempat kerja yang inklusif.

"Ini adalah kabar baik dimana sektor bisnis memberikan dukungan nyata dalam rangka mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," tandas Junardy.

Editor
Komentar
Banner
Banner