News

Bioetanol RON 95 Segera Diluncurkan, Pertamina Bersiap Finalisasi

Tidak lama lagi, Pertamina akan meluncurkan Bahan Bakar Baru (BBM) yang mengimplementasikan pencampuran bioetanol 5 persen dengan Pertamax.

Featured-Image
Pertamina akan meluncurkan BBM yang mengimplementasikan pencampuran bioetanol 5 persen dengan Pertamax. Foto: Pertamina

bakabar.com, JAKARTA - Tidak lama lagi, Pertamina akan meluncurkan Bahan Bakar Baru (BBM) yang mengimplementasikan pencampuran bioetanol 5 persen dengan Pertamax.

Dengan mencampurkan Pertamax yang memiliki Research Octane Number (RON) 92 dengan bioetanol 5 persen, kadar oktan BBM jenis baru tersebut menjadi RON 95.

Diyakini kadar oktan hasil pembauran bioetanol itu dapat mengurangi potensi emisi BBM, sekaligus merawat mesin kendaraan. 

"Launching direncanakan secepatnya. Diharapkan paling lambat dilaksanakan Juli 2023," papar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, ketika dihubungi bakabar.com,Sabtu (24/6).

Sekarang Pertamina masih melakukan finalisasi, sebelum BBM tersebut resmi dijual. Direncanakan bahan bakar nabati yang disalurkan Pertamina terdiri atas biodiesel dan bioetanol.

"Masih dilakukan beberapa persiapan dan sekarang masih finaliasasi. Untuk harga masih kompetitif seperti BBM di kelas RON 95, " papar Irto Ginting.

Peluncuran BBM jenis baru tersebut akan diluncurkan di Surabaya. Alasannya suplai Etanol sebagian besar berada di Jawa Timur.

Pun uji coba campuran bensin dengan turunan tetes tebu ini difokuskan di Jawa Timur seperti Surabaya, Mojokerto, hingga Malang. 

Editor


Komentar
Banner
Banner