Resolusi 2024

Bikin Resolusi di 2024? Ikuti Triknya agar Berhasil

Punya resolusi di awal tahun penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Ada trik khusus untuk bikin resolusimu terwujud.

Featured-Image
Woman Holding Blue Pen Writing On Paper (Pexels.com/Pixabay)

bakabar.com, JAKARTA - Punya resolusi di awal tahun penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, sering terjadi kegagalan saat ingin mewujudkannya. Ada trik khusus untuk bikin resolusimu terwujud.

Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D. menjelaskan ada faktor yang perlu jadi perhatian agar resolusi yang dicanangkan bisa terwujud.

“Kuncinya itu komitmen untuk mengubah perilaku-perilaku sederhana, atau kebiasaan kecil. Resolusi besar itu tidak akan ke mana-mana kalau kita memulai dari langkah kecil,” kata Novi seperti dikutip dari Antara.

“Kalau itu (langkah kecil) tidak dilakukan, dia tidak bisa melakukan perubahan-perubahan kecil setiap harinya, itu yang kemudian menjadi gagal. Jadi, resolusi saja tidak cukup karena harus diikuti oleh kebiasaan kecil yang dilakukan secara konsisten,” katanya menambahkan.

Lima Pertanyaan untuk Menguatkan

Selain melakukan resolusi secara konsisten, Novi juga memberikan kiat agar resolusi dapat diterapkan dengan baik.

Menurutnya, seseorang harus memiliki alasan yang kuat dari resolusi yang dibuatnya, sehingga orang tersebut akan memiliki aksi yang sama kuat untuk mewujudkannya.

“Dia tahu alasan untuk berubah. Itu yang terpenting, dia tahu kalau ditanya orang lain, alasannya kuat. Misalnya, ‘Kenapa ingin menurunkan berat badan?’, nah ada lima pertanyaan ‘mengapa’ untuk mengujinya,” kata Novi.

Pertama, tanyakan ke diri sendiri alasan ingin melakukan resolusi tersebut. Contohnya, ingin menurunkan berat badan dan jika selama lima kali diri sendiri dapat menjawab pertanyaan dari alasan menurunkan berat badan, seperti “Ingin sehat”, “Masih ada banyak agenda dalam hidup yang ingin dilakukan”, dan lainnya selama lima kali, niscaya keinginannya untuk berubah akan kuat dan resolusi dapat tercapai.

“Jika dia bisa menjawab lima pertanyaan ‘mengapa’ nya itu sebanyak lima kali, maka keinginannya itu kuat. Kalau nggak tau ‘mengapa’ nya dan hanya mengikuti tren, biasanya nggak akan bertahan lama,” kata Novi.

“Perubahan apapun dalam kehidupan ini, resolusi sebesar apapun di dalam hidup kita itu dimulai dari hal-hal kecil yang kita lakukan secara kontinu,” ujar Novi.

Editor
Komentar
Banner
Banner