HUT Jakarta

Bertepatan HUT ke 496 Jakarta, LRT Jabodebek Berlakukan Tarif Rp1

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp1 untuk transportasi umum TransJakarta, MRT, dan LRT.

Featured-Image
Transportasi Umum LRT Jakarta di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (22/6). (Foto: apahabar.com/Ryan)

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp1 untuk transportasi umum TransJakarta, MRT, dan LRT. Kebijakan tarif itu diberlakukan pada Kamis (22/6) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta. 

Kehadiran tarif Rp1 dimanfaatkan oleh warga ibu kota dengan antusias. Terlebih, salah satu moda transportasi umum yang sedang ramai diperbincangkan adalah Light Rail Transit (LRT) atau dikenal sebagai LRT Jabodebek.

Nur Handayani (35) yang merupakan warga Tangerang sengaja datang jauh-jauh untuk mencoba transportasi modern tersebut. Ditemui di stasiun Kelapa Gading, ia mengaku takjub dengan keandalan LRT Jabodebek.

"Pertama kali, memang saya memanfaatkan tarif Rp1. Seneng banget sih," kata Yani saat ditemui di Stasiun LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Jelang Soft Launching, LRT Jabodebek Belum Terima Tarif dari Kemenhub

Menurut Yani, di masa uji coba seperti sekarang ini, kehadiran LRT akan menambah daftar pilihan moda transportasi bagi warga ibu kota. Hal itu tentu akan memudahkan pergerakan warga ke sejumlah tempat tujuan.

Selain tertarik dengan LRT Jabodebek, Yani juga telah mencoba moda transportasi lainnya, seperti bus Transjakarta dan MRT.

"Cepet, mungkin banyak orang yang belum pakai jadi longgar. Kalau MRT kan di bawah jadi lebih cepat dari LRT," ujarnya.

Pada HUT ke-496 Jakarta ini, Yani berharap warga lebih peduli dengan memilih menggunakan transportasi umum. Menurutnya hal itu penting untuk mengurangi kemacetan di ibu kota yang kini dianggap lumrah.

Baca Juga: Menhub Bahas Proyek MRT Rute Fatmawati-TMII dan LRT Bali di Korea

Untuk menyemarakkan peringatan HUT DKI Jakarta, gerbong LRT yang disiapkan untuk uji coba dihiasi dengan gambar-gambar bertema Jakarta. Mulai dari lukisan abang-none hingga pengenalan lenong Betawi.

Sementara itu, Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6) mengungkapkan penerapan Rp1 sebagai bentuk dukungan LRT Jabodetabek terhadap kebijakan Pemprov DKI Jakarta. Pihaknya juga siap memeriahkan HUT ke-496 Jakarta.

“Sebagai salah satu operator transportasi publik yang melayani segenap masyarakat Jakarta, LRT Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerapan tarif Rp1 di LRT Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023,” kata Sheila.

Moda transportasi publik LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi komersial, atau Commercial Operation Date (COD) pada Juli 2023. Sebulan sebelumnya, LRT Jabodebek dijadwalkan melakukan uji coba pada Juni 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner