Relationship

Berteman di Kantor, Seimbangkan Peran Pribadi dan Profesional

Menjalin pertemanan dalam lingkungan kerja dapat membuat harmoni di lingkungan kantor, bahkan membuat pekerjaan menjadi mudah.

Featured-Image
Menjalin Pertemana di Kantor dan Bagaimana Cara Memulainya. Foto: Getty Images

bakabar.com, JAKARTA - Menjalin pertemanan dalam lingkungan kerja dapat membuat harmoni di lingkungan kantor, bahkan membuat pekerjaan menjadi mudah.

Menjadi anak baru di kantor sebuah hal yang menakutkan bagi sebagian orang, ketika tidak mengenal siapapun akan membuat dinamika sedikit canggung, terlebih saat makan siang dan menghindari permasalahan di dalamnya.

Sebagian dari kita pernah mengalaminya, bahkan dapat bertahan lebih lama daripada yang dipikirkan, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Memiliki seseorang untuk berbagi stres dan kesuksesan di tempat kerja menjadi sebuah berkah, meski menjalin persahabatan di tempat kerja tidak selalu mudah.

Menyeimbangkan peran pribadi dan profesional terkadang sulit. Tapi hal tersebut bisa dilatih. Melansir Verrywell Mind, Senin (20/11), berikut beberapa cara memulai pertemanan di lingkungan kerja.

Mulailah Percakapan Terlebih Dahulu

Mulailah Lebih Dahulu untuk Menyapa Teman di Kantor. Foto: Getty Images
Mulailah Lebih Dahulu untuk Menyapa Teman di Kantor. Foto: Getty Images

Segala pertemanan dimulai dengan percakapan yang dilamukan perlahan dan bertahap. Anda bisa memulai dengan obrolan ringan dan percakapan sederhana, dengan menemukan kesamaan minat dan lainnya.

Anda dapat mulai bertanya mengenai kegiatan akhir pekan dan hobi. Dengan menemukan kesamaan tersebut dapat menciptakan sebuah ikatan dengan mereka. Dan ajukan pertanyaan menunjukkan ketertarikan.

Jangan khawatir mencoba percakapan mendalam, sangat penting berbagi tentang diri satu sama lain.

"Tidak perlu membuat orang lain kagum, tapi kita perlu menyampaikan bahwa kita menyukai mereka. Melalui senyuman, kehangatan, kebaikan dasa ingin tahu dan humor adalah yang paling berarti," ucap Shasta Nelson, ahli persahabatan dan penulis, dikutip Verywell Mind, Senin (20/11).

Bersikaplah Terbuka dalam Berteman

Meminta dan Menawarkan Bantuan untuk Menjalin Pertemanan di Kantor. Foto: Getty Images
Meminta dan Menawarkan Bantuan untuk Menjalin Pertemanan di Kantor. Foto: Getty Images

Bayangkan tempat kerja sebagai salah satu tempat terbaik untuk menjalin pertemanan karena Anda mungkin sering bertemu orang-orang ini, kata Nelson.

Tetaplah terbuka dan mengambil kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang saat memungkinkan, mungkin hal tersebut menjadi teman tak terduga.

Pergi ke Kantor Lebih Sering

Banyak diantara kita cenderung memiliki kerjaan jarak jauh (hybrid) sebelum pandemi. Bekerja jarak jauh memiliki banyak manfaat sekaligus kesulitan saat bersamaan.

Hybrid membuat kita sulit mendapatkan teman saat bekerja. Pergi ke kantor lebih sering membantu bertemu kokega dan terhubung dengan mereka.

Berpartisipasi pada Acara Kantor

Hangout Bersama Teman Kantor dapat Memperat Hubungan. Foto: greatergood
Hangout Bersama Teman Kantor dapat Memperat Hubungan. Foto: greatergood

Di luar rapat, menjalin pertemanan dapat dilakukan dengan aktivitas lain seperti acara pesta atau dalam suasana yang lebih santai dan menyenangkan.

Bergabung dengan kelompok hobi di kantor, berdasarkan minat dapat membantu bertemu rekan dengan memiliki minat yang sama.

Meminta dan Menawarkan Bantuan

Hubungan dalam pekerjaan adalah suatu yang timbal balik, dengan suatu yang bermanfaat satu sama lain.

Nelson merekomendasikan untuk menawarkan bantuan atau meminta tolong pada rekan kerja untuk mendekatkan hubungan.

"Meminta dorongan dan bantuan pada rekan kerja meningkatkan komunikasi dan pertemanan," tambahnya.

Ingat, Tidak Semua Dapat Dijadikan Teman

Ilustrasi Berteman di Kantor. Foto: Getty Images
Ilustrasi Berteman di Kantor. Foto: Getty Images

Anda tidak perlu berteman dengan semua orang dalam kantor. Tidak semua orang akan cocok dengan anda, hal tersebut normal terjadi.

"Anda akan mengeksplorasi pertemanan di kantor dengan menemukan orang yang tepat dan tidak tepat untuk jadikan teman, hal tersebut normal terjadi," ucap Nikki Innocent, seorang pakar hidup dan pendiri Inclusive Leadership Collective, dikutip Verywell Mind,.

Jika merasa tidak cocok, anda cukup memberikan sapaan dan bercengkrama secukupnya. Jangan tunjukan ketidaksukaan Anda dalam pekerjaan, dan terfokuslah pada pekerjaan.

Menjadi seorang terbuka, baik dan jujur akan membantu meningkatkan keberhasilan dalam berteman di lingkungan pekerjaan.

Untuk membuat hal tersebut berhasil, beberapa ahli menerapkan beberapa cara, diantaranya

Menyemangati satu sama lain, dengan membantu, mendukung dan mengandalkan satu sama lain, akan meningkatkan keberhasilan dan lingkungan yang suportif.

Hindari kecemburuan dan kompetisi tidak sehat, lakukan segala hal yang bisa diciptakan dengan sehat tanpa kecemburuan, gosip, dan kompetisi yang merusak pertemanan.

Tetap berhubungan erat, meski pengalaman dapat mengubah hidup menjadi baik, anda dapat tetap berhubungan dengan mereka, dengan bertegur sapa, meluangkan waktu untuk bertemu di luar jam kerja.

Editor
Komentar
Banner
Banner