Anime Terbaik

Bertema Fantasi Gelap, Berikut 5 Kesamaan Anime Chainsaw Man vs Jujutsu Kaisen

Penayangan Chainsaw Man meraih euforia meriah, namun berbagai elemennya kerap disamakan dengan Jujutsu Kaisen yang lebih dahulu meraup kesuksesan.

Featured-Image
Foto: wall.alphacoders.com

bakabar.com, JAKARTA - Penayangan anime Chainsaw Man meraih euforia meriah, namun berbagai elemennya kerap disamakan dengan Jujutsu Kaisen yang lebih dahulu meraup kesuksesan.

Kisah Denji dan Pochita banyak dinantikan dan mendapatkan tanggapan positif dari penikmat anime di seluruh dunia, pada episode pertama rating yang diraih mencapai 9/10.

Sama-sama digarap oleh Studio MAPPA, sejak awal produksi sampai penayangan trailer, anime karya Tatsuki Fujimoto itu sudah mendapatkan perbincangan karena banyak kemiripan dengan berbagai unsur dari anime karya Gege Akutami.

Berikut 5 kesamaan Anime Chainsaw Man dengan Jujutsu Kaisen.

1.    Main Character sama-sama mendapatkan kekuatan jahat yang besar

Anime yang dirilis 11 Oktober 2022 ini memiliki Main Character (MC) yang bernama Denji dengan iblis anjing gergaji peliharannya bernama Pochita. Pada suatu malam Denji dipanggil untuk membunuh iblis, namun ia dijebak dan malah terbunuh dengan tubuh terpotong-potong.

Baca Juga: 5 Bestie Perempuan Paling Klop dan Menggemaskan di Anime

Disisa-sisa detak jantung Pochita yang juga ikut terserang iblis, anjing kecil itu bersatu kedalam tubuh Denji dan menyerahkan hatinya untuk membangkitkan Denji dari kematian sebagai Chainsaw Man.

Persamaan pertama dari Jujutsu Kaisen adalah MC yang bernama Yuji Itadori berada di tengah pertempuran besar antara roh terkutuk dan seorang penyihir. Pada awalnya penyihir yang bernama Megumi Fushiguro dikirim ke sekolah Yuji untuk mengambil jari dari roh kuno milik Sukuna Ryomen.

Namun karena tedesak oleh pertempuran antara roh terkutuk tersebut dengan Megumin, jari milik Sukuna malah di telan oleh Yuji. Dari situlah Yuji mendapatkan kekuatan besar karena Sukuna bangkit kembali dalam tubuh Yuji.

2.    Pembasmi monster

Denji yang memiliki kekuatan besar diangkat menjadi ‘Pemburu Iblis Keamanan Publik’ yang bertugas bertarung melawan iblis yang mengancam keselamatan daerah setempat. Para pemburu memiliki resiko kematian tinggi karena berhadapan langsung dengan iblis dengan berbagai tingkatan kekuatan.

Baca Juga: 5 Duo Paling Bestie di Anime, Ada Jagoan Kamu?

Begitupula dengan para penyihir Jujutsu, mereka bertarung dengan nyawa saat menangani roh terkutuk dengan berbagai tingkatan kekuatan juga, mulai dari hantu kecil hingga kutukan dengan serangan yang mematikan.

3.    Memiliki tim yang punya jurus mirip

Baik pemburu iblis maupun para penyihir sama-sama bertugas dengan tim, dalam anime Chainsaw Man, Denji memiliki partner pria bernama Aki Hayakawa, dan Yuji satu tim dengan Megumi Fushiguro. Keduanya memiliki kekutan yang dapat dipanggil menggunakan kata ‘Kon’.

Denji juga memiliki partner wanita yang bernama Power, sedangkan Yuji bertugas bersama Nobara Kugisaki, para pemeran wanita pendamping MC ini sama-sama memiliki kekuatan yang berkaitan dengan paku sebagai senjata pamungkas.

4.    Roh Terkutuk dan Iblis bangkit dari emosi manusia

Kekuatan iblis di Chainsaw Man dapat meningkat karena semakin banyak manusia yang takut pada mereka, namun jika manusia berhenti takut pada iblis berdasarkan serangannya maka mereka akan kehilangan kekuatan dan menjadi lebih mudah untuk dibunuh.

Begitupula dengan roh terkutuk yang ditampilkan dalam Jujutsu Kaisen, bersumber pada emosi negatif yang dipendam oleh manusia. Kekuatan mereka berasal dari rasa takut, marah, benci, dan cemburu yang dialami oleh manusia

Keduanya pun memiliki karakter monster dengan bentuk dan kekuatan yang hampir sama, serta sama-sama mengganggu manusia.

5.    MC yang sebatang kara dan dibawa oleh karakter kuat

Dalam episode pertama Chainsaw Man, mendiang ayah Denji adalah seorang Yakuza yang meninggalkannya hanya dengan hutang, tanpa satu kerabat pun yang masih hidup, ia pun berjuang sendiri dengan bekerja sebagai pemburu iblis bayaran untuk melunasi hutang warisannya kepada Yakuza.

Baca Juga: Kenali Bahaya Etilen Glikol pada Obat Batuk yang Menyerang Ginjal

Setelah berubah menjadi Chainsaw Man, Denji hilang arah sampai tak sadarkan diri. Kemudian datanglah Makima yaitu pemburu iblis pemerintah, Makima pun membawanya untuk ikut menjadi pemburu iblis dengan berjanji memberikan kehidupan yang layak sebagai manusia.

Di sisi lain, Makima merupakan karakter yang kuat dan ternyata ia juga adalah iblis dengan kekuatan ‘Kontrol’, ia dapat mengendalikan apa saja dan siapa saja dengan kekuatannya.

Sedangkan dalam Jujutsu Kaisen, kakek dari Yuji pernah ditampilkan sebagai satu-satunya kerabatnya yang masih hidup, namun kemudian meninggal karena sakit setelah lama dirawat di rumah sakit.

Usai mendapatkan kekuatan Sukuna, Yuji dibawa oleh penyihir yang juga menjadi gurunya di SMA Jujutsu Tokyo, yaitu Gojo Satoru. Gojo digambarkan memiliki berbagai kekuatan over yang tak terhingga, bahkan ia ditakuti dikalangan penyihir ataupun roh kutukan.

Editor


Komentar
Banner
Banner