Bisnis

Berkah Libur Lebaran, Wisata Klotok Banjarmasin Dipadati Pengunjung

Wisata klotok di Banjarmasin mengalami peningkatan jumlah pengungjung selama libuat lebaran.

Featured-Image
Para wisatawan sedang menaiki Klotok (Perahu Susur Sungai) di Sungai Martapura Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (23/4/2023). Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Wisata susur sungai (klotok) di Banjarmasin mengalami peningkatan jumlah pengungjung selama libuat lebaran. Salah seorang pengelola klotok mengatakan peningkatan terjadi hanya dalam waktu dua hari.

“Hari ini lebih meningkat, jumlah wisatawan dari pagi tadi sampai siang hari sudah lebih dari 500 orang,” ujarnya seperti yang dikutip Antara, Minggu (23/4).

Berdasarkan pantauannya, peningkatan terjadi pada hari kedua setelah lebaran. Pada hari kedua libur lebaran, diperkirakan jumlah kunjungan akan meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Baca Juga: Kemenhub: Lalu Lintas Angkutan Umum Lebaran Capai 6,49 Juta Orang

“Kemarin ada sekitar 400 orang, kalau hari ini cuaca mendukung, kemungkinan bisa tambah dua kali lipat lagi,” imbuhnya.

Wisata Susur Sungai yang berada di Sungai Martapura tersebut merupakan salah satu wisata unggulan Kota Banjarmasin.

Wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 sudah dapat menikmati perjalanan susur sungai dengan rute perjalan jarak dekat sekitar 25 menit.

Baca Juga: Jelang Arus Balik Lebaran, Tol Cisumdawu Tambah Jalur Fungsional

Sementara untuk perjalan jarak jauh ke Pulau Kembang, wisatawan harus mengeluarkan biaya sebesar Rp35.000 dengan waktu perjalanan sekitar 50 menit.

Tarif trip perjalanan wisata susur sungai tersebut bermacam, ia katakan sesuai dengan permintaan wisatawan, mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000.

Namun saat ini, dikatakannya, kebanyakan pengunjung memilih rute perjalanan dekat yaitu ke Kampung Hijau.

Baca Juga: Kirim Barang Selama Lebaran, OJK Sarankan Pakai Asuransi

Saat menaiki klotok, pengunjung akan dibawa perahu menyusuri sungai sambil disuguhkan pemandangan indah di sekitar siring.

Klotok atau wisata susur sungai tersebut menjadi pilihan favorit pengunjung saat cuaca cerah.

Iki yang merupakan komunitas klotok tersebut mengungkapkan, wisata susur sungai tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung.

Menurutnya, klotok adalah salah satu identitas Kota Banjarmasin, sehingga akan selalu menjadi perhatian pemerintah setempat.

Editor


Komentar
Banner
Banner