Banjarmasin Hits

Berkah Festival Kemerdekaan MGR Banjarbaru, UMKM-PKL Ketiban Cuan! 

Sejumlah UMKM hingga pedagang kaki lima (PKL) meraup rezeki dalam perayaan HUT RI Ke-78 yang diselenggarakan organisasi Minggu raya (MGR) Banjarbaru.

Featured-Image
Ketua MGR bersama pemenang undian jalan sehat Festival Kemerdekaan MGR. / Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Sejumlah UMKM hingga pedagang kaki lima (PKL) meraup rezeki dalam perayaan HUT RI Ke-78 yang diselenggarakan organisasi Minggu raya (MGR) Banjarbaru, di RTH Guntung Paikat, Sabtu (19/8). 

Kurdi misalnya, seorang pedagang sate keliling yang tampak tak henti mengantarkan pesanan makanan peserta Festival. 

"Alhamdulillah hari ini saya laris banget, ga pernah seperti ini, biasanya sampai sore itu paling banter cuma 15 porsi, ini sepagi ini sudah puluhan porsi," katanya saat ditemui bakabar.com.

Berjualan sate keliling sejak 1999, Kurdi mengaku sudah memiliki tempat tongkrongan tersendiri, namun baru kali ini memangkalkan gerobaknya ditempat yang paling strategis. 

"Saya lihat ada acara yaudah saya jualan di sini, Alhamdulillah dari pagi sampai jam 10-an ini ga berhenti manggang sate, memang pesertanya banyak banget sih ini," Syukurnya. 

Senada dengan Kurdi, UMKM yang dilibatkan dalam kegiatan ini pun mengatakan demikian. 

"Pembeli lumayan, kami jualan minuman beserta makanan jadi ada dua. Fokus kami banyak masyarakat mengenal produk jualan kami," kata Owner Es Gunung Baper, Teguh. 

Katanya, minuman yang dijajakannya di kegiatan ini merupakan anak dari usahanya yakni Bebek Baper yang sudah memiliki 3 cabang. Dalam kegiatan yang diselenggarakan MGR ini, Teguh berkolaborasi dengan brand UMKM lainnya yakni Mie Gledek. 

"Jadi kita mau cetuskan UMKM semuanya bisa berjualan dengan ploting restoran tapi harga kaki lima, kami berkolaborasi antara Mie Gledek dan Es Gunung Baper. Kita berharap banyak pengunjung yang mengenal brand kami, dan mengetahui alamat keberadaan kami, itu misi kita di sini," cetusnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Organisasi Minggu Raya (MGR) Putra Qomaluddin Attar Nuriqli menyampaikan jika pihaknya memang melibatkan UMKM bersama sponsor lainnya dengan porsi yang sama dalam kegiatan ini. 

Yakni 30 persen UMKM, 30 persen sponsor, 30 persen dari partisipasi jaringan dan 10 persen dari masyarakat. 

"Jadi memang kami bagi porsinya supaya terlihat lebih ramai dan berkontribusi. Semoga dapat memperkuat kemandirian masyarakat dalam satu sisi yaitu berwirausaha," kata Qomal. 

"Alhamdulillah lebih dari 1000 orang yang bergabung dikegiatan ini sesuai yang terdaftar di kupon, di luar kupon lebih banyak lagi, antusiasnya luar biasa," sambungnya. 

Lanjutnya, Festival Bazar MGR Semangat Kemerdekaan ini merupakan kegiatan perdana MGR dalam skala besar di kepengurusannya, juga sebagai runtutan dari kegiatan sebelumnya. 

"Jadi hari ini merupakan momentum kami memperlihatkan bagaimana kekompakan dan bagaimana keseriusan kami dalam berproses di kepengurusan. Semoga menjadi titik balik MGR untuk bisa memberikan antusias penuh terhadap masyarakat dan anggota MGR untuk berkontribusi," tuntasnya. 

Adapun kegiatan dalam gelaran ini meliputi bazar, donor darah, senam, jalan sehat, dan sejumlah lomba seperti sepeda, catur, domino, sepeda motor dan lainnya. Dilaksanakan di Guntung Paikat karena merupakan tempat kelahiran pemimpin MGR terdahulu dan merupakan lokus poin pergerakan dari MGR sejak 45 tahun silam. 

Pantauan bakabar.com di lokasi, RTH Guntung Paikat dipenuhi manusia, yang mana kegiatan ini diikuti oleh peserta dari usia dini hingga lanjut usia. 

Editor
Komentar
Banner
Banner