Banjir Bandung

Berikut Titik-Titik Banjir di Kabupaten Bandung: Cek!  

Lima kecamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir. Saat ini masih dalam penanganan petugas.

Featured-Image
Kondisi di wilayah Kecamatan Ibun (Majalaya) Kabupaten Bandung, Yang terendam banjir dengan ketinggian air 40 -70 Cm.Foto,apahabar.com/Hasbi

bakabar.com,BANDUNG - Lima kecamatan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir. Saat ini masih dalam penanganan petugas. Jumat (12/1).

Pemerintah Kabupaten Bandung telah menetapkan status siaga banjir yang mengakibatkan ribuan warga terdampak.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menunjukkan, lima kecamatan yang terendam banjir tersebut adalah: Kecamatan Ibun (Majalaya), Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang dan Solokan Jeruk.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan Banjir melumpuhkan rumah warga dan fasilitas umum. Pihaknya mencatat 1 unit bangunan jembatan di Desa Citeureup rusak berat. 300 rumah warga di Desa Pasawahan terendam air dengan ketinggian air 100 -150 cm. 177 rumah dan 2 tempat ibadah di Desa Cangkuang Wetan. Rata-rata Terendam Banjir dengan ketinggian 30-170 cm.

Baca Juga: Diterjang Banjir, Ruang Kelas SDN Sukamanah 2 Bogor Rusak

Kemudian di Kecamatan Dayeuhkolot: 500 unit rumah terendam di Desa Sumbersari Terendam dengan ketinggian air 30-60 cm. Dan di Kecamatan Ibun yakni di Desa Tangulun atau Jalan Majalaya Kamojang desa tanggulun sudah tidak bisa di lewati untuk roda 2 maupun roda 4.

Hadi menambahkan korban terdampak kurang lebih sebanyak 1.135 KK. Tersebar di tiga Desa Kecamatan Dayeuhkolot yakni Desa Pasawahan sebanyak 304 KK, Desa Cangkuang Wetan 331 KK serta Desa Sumbersari sebanyak  500 KK.

Data laporan kami terima tadi malam, saat ini masih dalam penanganan dan pendataan kembali oleh BPBD Kabupaten Bandung. Kondisi terkini di beberapa titik air.masih menggenang," kata Hadi saat dihubungi.

Baca Juga: [VIDEO] Ratusan Rumah di 3 Kecamatan Cianjur Terendam Banjir

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom mengimbau kepada pengendara agar tetap berhati-hati.

"Kami himbau kepada warga Kabupaten Bandung pengguna jalan melintas di Kabupaten Bandung agar berhati-hati dikarenakan hujan lebat terjadi tadi malam ada beberapa titik sementara tidak dapat dilintasi oleh masyarakat," kata Anom, Jumat (12/1).

"Dan Kami mohon para pengguna jalan mengikuti petunjuk petugas apabila terjadi rekayasa lalin di beberapa titik dan pastikan kendaraan prima untuk melewati beberapa titik yang bisa dilintasi dan ada genangan air. Tetap hati-hati," tambahnya.

Berikut beberapa wilayah di Kabupaten Bandung yang masih tergenang air dan belum bisa dilewati pengguna jalan:

1. Kecamatan Majalaya
- Jalan Laswi Cidawolong-Biru, Kecamatan Majalaya genangan air kurang lebih 40 cm sampai dengan 70 cm, untuk sementara tidak bisa dilalui kendaraan R2 / R4.

2. Kecamatan Dayeuhkolot
- Jl. Raya Dayeuhkolot - Bandung depan PT. Metro Garmin ada genangan lk 40 cm.
- Jl. Sukabirus ada genangan lk 60 cm.
- Jl. Raya Dayeuhkolot - Baleendah depan Kantor Pos dan Giro/ Pasar Dayeuhkolot ada genangan lk 60 cm.
- Jl. Cisirung depan terminal palasari *ada genangan lk 50 cm.

3. Kecamatan Baleendah
- Jl. Raya Anggadireja depan SPBU Baleendah ada genangan ketinggian air 10 cm sd 40 cm, dan jalan masih bisa dilewati kendaraan R2 maupun R4.
- Jalan Raya terusan Bojongsoang - Siliwangi tepatnya Kp. Cikarees Baleendah, ada genangan dg ketinggian air 10 s.d 20 cm dan masih bisa dilewati kendaraan R2 maupun R4.
- Jl. Andir - Katapang tepat di Kp. Tambakan RT. 03/01 DS. Rancamanayar ada genangan air dengan ketinggian 20 cm, namun jalan bisa lalui kendaraan baik R2 maupun R4.

4. Kecamatan Bojong Soang
- Akses Jalan Penghubung Kp. Cijagra Bojongsoang menuju Kp. Cigebar Bojongsari adanya Genangan dengan ketinggian Genangan ± 60- 80 cm. Tidak bisa dilalui oleh R2 dan R4.
- Akses Jalan Penghubung Kp. Cipurut Bojongsoang menuju Dayeuhkolot adanya Genangan dengan ketinggian Genangan ± 60 cm. Tidak bisa dilalui Kendaraan, namun ada sebagian kendaraan yang memaksakan melewati jalan tersebut.
- Akses Jalan Sapan Tegalluar 20-50 cm

5. Kecamatan Solokan Jeruk
- Bantaran Sungai Citarum Kp. Bojong Rangkas Desa Rancakasumba sampai dengan Kp. Bojong Jati Desa Bojongemas, ketinggian air lk. 50 cm (tidak dapat dilalui oleh kendaraan R2 maupun R4).

- Terminal Bayangan Jalan Cagak Kp. Sapan Rw. 01 dan Rw. 02 Desa Bojongemas, ketinggian air lk. 50 cm (tidak dapat dilalui oleh kendaraan R2 maupun R4).

Editor
Komentar
Banner
Banner