Sport

Berada di Grup A, Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

apahabar.com, JAKARTA – Tergabung di grup A, berikut jadwal pertandingan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia…

Featured-Image
Momen terakhir pertemuan Timnas Indonesia dengan Nepal dalam pertandingan ujicoba di Stadion Gajayana. Foto: Tempo

bakabar.com, JAKARTA – Tergabung di grup A, berikut jadwal pertandingan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023.

Berdasarkan hasil pengundian, Kamis (24/2), Timnas Indonesia bersaing dengan Kuwait sebagai tuan rumah kualifikasi, dilanjutkan Nepal dan Yordania.

Dari total 24 negara di kualifikasi, hanya 11 yang berhak lolos ke putaran final. Jumlah tersebut diambil dari enam juara grup dan lima runner up terbaik.

11 negara dari kualifikasi akan bergabung dengan 13 negara lain yang lebih dulu lolos. Dengan demikian, Piala Asia 2023 akan diikuti 24 negara.

Dalam pertandingan pertama di kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia akan menghadapi Kuwait.

Berkaca dari posisi dalam ranking FIFA, Kuwait lebih diunggulkan. Negara kaya minyak itu menempati peringkat 143, sedangkan Indonesia menghuni urutan 160.

Timnas Indonesia tercatat pernah 6 kali menghadapi Kuwait di berbagai kompetisi dengan hasil sekali menang, 3 imbang dan 2 kekalahan.

Satu-satunya kemenangan Timnas Indonesia dibukukan dalam Merdeka Tournament 1980. Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia menang 2-1.

Selanjutnya Garuda akan berjumpa Yordania. Pertandingan ini kian berat, mengingat Yordania sekarang berada di peringkat 90 dunia.

Peringkat itu segaris dengan head to head. Dari 4 pertemuan dengan Yordania, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan.

Selanjutnya pertandingan terakhir Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023 adalah bertemu Nepal yang berada di peringkat 167 dunia.

Indonesia tercatat baru sekali bertemu Nepal, tepatnya dalam partai uji coba yang berlangsung 25 Juni 2014 di Stadion Gajayana Malang.

Hasilnya Garuda berhasil menang 2-0 berkat gol-gol yang dicetak Samsul Arif dan Zulham Zamrun.

Meski berperingkat di bawah Indonesia, pertandingan melawan Nepal berpotensi menarik ditunggu. Salah satunya keberadaan Rohit Chand.

Rohit yang sekarang memperkuat Persija Jakarta, notabene kapten Timnas Nepal. Pemain berusia 29 tahun ini sudah paham kultur sepakbola nasional, karena sudah merumput di berbagai klub Liga Indonesia sejak 2013.

Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia di grup A kualifikasi Piala Asia 2023:

8 Juni 2022
Kuwait Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2022
Timnas Indonesia Vs Yordania

14 Juni 2022
Timnas Indonesia Vs Nepal



Komentar
Banner
Banner