Piala Dunia Wanita 2023

Benzina: Pesepakbola Hijaber Pertama di Piala Dunia Wanita 2023

Ajang Piala Dunia Wanita 2023 semakin menarik perhatian dengan hadirnya Nouhaila Benzina, hijaber pemain nasional Maroko.

Featured-Image
Nouhaila Benzina saat bermain dalam laga Piala Dunia Wanita 2023. Foto: Sky News

bakabar.com, JAKARTAAjang Piala Dunia Wanita 2023 semakin menarik perhatian dengan hadirnya Nouhaila Benzina, hijaber pemain nasional Maroko.

Pasalnya Benzina telah mencetak sejarah baru bagi FIFA, yaitu menjadi pemain sepakbola berhijab pertama di ajang Piala Dunia Wanita 2023.

Benzina mengenakan hijab atas seizin FIFA. Pihak FIFA menyatakan bahwa Benzina diizinkan berhijab karena alasan agama. Untuk itu pada pertandingan antara tim nasional Maroko dengan Korea Selatan, ia terlihat tampil mengenakan hijab.

Benzina tampil sejak menit pertama dalam pertandingan itu. Ia terlihat mengawal posisi bek tengah saat Maroko dalam formasi 4-4-2. Pertandingan itu menjadi momen penampilan pertama Benzina dalam Piala Dunia Wanita 2023.

Nouhaila Benzina
Nouhaila Benzina menjadi pesepak bola pertama yang mengenakan hijab di Piala Dunia Wanita. Foto: BBC

Pada pertandingan sebelumnya, Benzina hanya dipersiapkan sebagai pemain cadangan. Saat itu, pertandingan terjadi antara Maroko melawan Jerman, dimana tim nasionalnya harus takluk dengan skor 0-6.

Demi menutup kekalahan pada pertandingan sebelumnya, Benzina akhirnya mendapat kesempatan tampil. Ia bersama timnya berhasil meraih kemenagan atas Korea Selatan dengan skor 1-0.

Benzina telah cukup lama menggeluti karir sebagai pemain sepakbola. Karirnya bermula di AS FAR Wanita, yang merupakan salah satu klub sepakbola perempuan terbaik di Maroko.

Perempuan kelahiran Kenitra, 11 Mei 1998 itu juga sempat menjuarai UNAF Women’s Club Tournament pada 2020. Ia juga kembali menjuarai UNAF Women’s Tournament pada tahun 2021.

Kemudian ia juga berhasil membawa pulang piala CAF Women’s Champion League pada 2022. Kemudian pada 2022 dia dan timnas Maroko menjadi runner up Africa Cup of Nations.

Editor
Komentar
Banner
Banner