Bujur Jua Kah?

Benarkah Berbuka Puasa dengan Meminum Susu Tidak Baik Untuk Lambung?

Tinggal menghitung hari bulan suci Ramadan 1444 H akan segera tiba, umat Islam pun diperintahkan untuk berpuasa.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Tinggal menghitung hari bulan suci Ramadan 1444 H akan segera tiba, umat Islam pun diperintahkan untuk berpuasa.

Nah, berbicara soal puasa, ada informasi yang beredar bahwa mengonsumsi susu di saat perut kosong dapat membuat lambung menjadi pedih. Apa lagi saat berpuasa. Benarkah?

Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik, Prof dr Darmayanti Rusli Sjarif Ph D Sp A(K) pada dasarnya susu baik untuk tubuh.

"Susu tidak mengandung protein tapi karbohidrat dan lemak. Mengonsumsi itu tidak masalah juga kalau mau berpuasa tahan lebih lama. Tapi nomor satu manis dulu," ungkap dr Darmayanti dikutip dari Instagram @idai_ig.

Selain itu menurut Dr Darmayanti, mengonsumsi susu setelah berbuka puasa tidak menimbulkan masalah, tetapi sebaiknya sebelum meminum susu, minumlah yang manis-manis terlebih dahulu.

“Kalau untuk berbuka, nomor satu itu minuman yang manis karena energi itu yang masuk tinggi glukosa dulu karena energi itu dipakai untuk metabolisme lemak dan protein juga,” kata Dr. Darmayanti.

"Oleh karenanya saat berbuka puasa jangan langsung minum susu. Kecuali susu manis. Gula dulu yang dinaikkan. Kuncinya yang manis," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner