Bujur Jua Kah?

Benarkah Donor Darah Bikin Badan Gemuk?

Ada sebagian yang menganggap donor darah bikin badan gemuk. Namun benarkah demikian?

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Ada sebagian yang menganggap donor darah bikin badan gemuk. Namun benarkah demikian?

Menurut Medical Officer Universiti Putra Malaysia Teaching Hospital (HPUPM), Mohamad Izameer Ashraf Mohd Amran itu merupakan mitos belaka.

"Donor darah tidak akan menaikkan berat badan, tapi malah bisa menyelamatkan nyawa," ujar Medical Officer Universiti Putra Malaysia Teaching Hospital (HPUPM), Mohamad Izameer Ashraf Mohd Amran, mengutip laman UPM yang dilansir dari cnn, Sabtu (17/6).

Dari sinnacle Life Science, sebagian orang merasa lebih lapar setelah donor darah dan hal ini normal. Tentu saja jika asupan bertambah tanpa diimbangi aktivitas fisik, kenaikan berat badan bukan hal mustahil.

Kendati demikian, donor darah dan tubuh gemuk tidak memiliki kaitan langsung.

Sebaliknya, justru donor darah bisa membakar kalori.

Seperti dilansir dari laman Florida Department of Health, peneliti di University of California menemukan Anda bisa membakar 650 kalori per pint darah yang disumbangkan.

Akan tetapi, donor darah bukan merupakan suatu metode untuk menurunkan berat badan.

Cara sederhana menurunkan berat badan adalah dengan defisit kalori. Artinya, kalori yang keluar harus lebih banyak ketimbang kalori yang masuk. Oleh karenanya orang sangat membatasi asupan kalori dan memilih sumber nutrisi yang sehat.

Sementara itu, Hari Donor Darah Sedunia juga mengingatkan orang akan pentingnya donor darah. Ada banyak orang dengan kondisi tertentu memerlukan transfusi darah.

Donor darah pun membawa aneka manfaat antara lain, memperlancar sirkulasi darah, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, manajemen berat badan dan kesehatan mental yang lebih baik.

Meski punya manfaat kesehatan luar biasa, Anda tidak disarankan donor darah terlalu sering. Dilansir dari San Diego Blood Bank, individu yang sehat bisa donor darah tiap 8 minggu. Kemudian mereka yang berusia 17-18 tahun bisa donor darah tiap 6 bulan.

Editor


Komentar
Banner
Banner