Nasional

Belasan Rumah di Tamban Batola Diterjang Angin Puting Beliung

Belasan rumah di Desa Tinggiran II Luar, Kecamatan Tamban, Barito Kuala (Batola), diterjang angin puting beliung, Senin (16/10).

Featured-Image
Salah satu rumah warga Desa Tinggiran II Luar yang terdampak angin puting beliung, Senin (16/10). Foto: Camat Tamban

bakabar.com, MARABAHAN - Belasan rumah di Desa Tinggiran II Luar, Kecamatan Tamban, Barito Kuala (Batola), diterjang angin puting beliung, Senin (16/10).

Kejadian tersebut berbarengan dengan hujan yang cukup deras sekitar pukul 16.30 hingga 17.00 Wita.

Sedikitnya 17 rumah terkena imbas dengan tingkat kerusakan bervariasi dari 10 hingga 100 persen. Kerusakan ini tersebar di RT 6, 7, 8, 9, 10, dan 11, terutama yang berada di pinggir Sungai Barito.

Rumah-rumah tersebut merupakan milik Ideris (71), M Thaher (38), Muhammad Amin (53), Amit (65), Bustan (75), Rahman Hadi (73), Taufik Hidayat (41), dan Asmiah (53).

Kemudian Jaini (41), Alif (41), A Jain (41), Hamzah (48), Supiani (50), Asmah (57), Laila (64), serta 2 rumah tak ditempati.

"Sebagian besar bangunan mengalami kerusakan di bagian atap rumah dan warung, serta dinding ruang utama dan dapur. Tidak ditemukan korban jiwa," papar Camat Tamban, Agus Supriyadi, kepada bakabar.com.

Dari 16 bangunan, rumah yang ditempati Ideris mengalami kerusakan parah. Selain atap rumah yang habis 100 persen, bagian dinding mengalami kerusakan 30 persen.

Baca Juga: Imbas Angin Kencang, Sebagian Aliran Listrik di Banjarmasin Padam

Baca Juga: Hujan Melanda Banjarmasin, Dua Rumah di Belitung Selatan Malah Terbakar

"Musibah tersebut sudah dilaporkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda), Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk ditindaklanjuti dengan penyaluran bantuan," pungkas Agus.

Dalam dua hari terakhir, kondisi cuaca di Batola terbilang ekstrem. Sebelumnya angin kencang merobohkan sebuah pohon di Jalan HM Yunus, Minggu (15/10).

Oleh karena termasuk jalan nasional, situasi tersebut sempat menyebabkan kemacetan, baik dari arah Banjarmasin maupun Tapin.

Angin kencang juga merobohkan menara Masjid Sabilissalam di Kecamatan Marabahan. Dalam waktu bersamaan, sejumlah atap rumah warga di Desa Kolam Makmur, Kecamatan Wanaraya, juga rusak.

Sementara sepekan sebelumnya, 16 rumah warga Desa Surya Kanta, Kecamatan Wanaraya, lebih dulu terdampak angin kencang. 3 rumah dinyatakan rusak parah, sedangkan sisanya berlevel ringan.

Editor


Komentar
Banner
Banner