News

Belarus Dukung Invasi Rusia di Ukraina, Korea Selatan Bakal Terapkan Pembatasan Ekspor

apahabar.com, SEOUL – Menteri Luar Negeri Korea Selatan, pada Minggu (6/3) menyatakan negaranya bakal menerapkan pengendalian…

Featured-Image
Sebuah helikopter terbang di atas konvoi kendaraan militer selama latihan militer gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarus di wilayah Brest, Belarus, 19 Februari 2022.. Foto-Antara/Vadim Yakubyonok/Belta/HO via Reuters/as

bakabar.com, SEOUL – Menteri Luar Negeri Korea Selatan, pada Minggu (6/3) menyatakan negaranya bakal menerapkan pengendalian ekspor terhadap Belarus karena negara itu “secara efektif mendukung invasi Rusia di Ukraina".

Melansir Antara, kementerian tidak memberikan detail lebih lanjut terkait langkah apa saja yang akan diambil, namun mengatakan kebijakan tersebut akan diterapkan dalam cara yang mirip dengan apa yang telah diberlakukan Korea Selatan terhadap Rusia.

Seoul mengutuk Moskow dan menyebut Rusia telah melakukan "invasi bersenjata" ke Ukraina.

Korea Selatan pada Februari mengatakan akan memperketat kontrol ekspor terhadap Rusia dengan melarang pengiriman barang-barang strategis.

Korsel juga bergabung dengan negara-negara Barat untuk menutup akses sejumlah bank Rusia dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

"Pemerintah Korea memutuskan hari ini untuk mengimplementasikan kebijakan pengendalian ekspor terhadap Belarus, mengingat Belarus secara efektif mendukung invasi Rusia atas Ukraina," demikian dinyatakan kementerian luar negeri.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus".

Pada Februari, Duta Besar Rusia untuk Korea Selatan Andrey Kulik menyesalkan sanksi-sanksi yang diberlakukan Korsel.

Ia menuding langkah itu diambil Korsel karena Seoul mendapat tekanan kuat dari Amerika Serikat dan negara-negara Barat mitranya.



Komentar
Banner
Banner