Megaproyek Kalsel

Beda Banjarbaru Stadium dengan 17 Mei dan Demang Lehman, Mana Lebih Unggul?

Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan segera punya stadion berstandar FIFA.

Featured-Image
Desain Banjarbaru Internasional Stadium. foto: PUPR/Pemkot Banjarbaru

bakabar.com, JAKARTA -Banjarbaru Internasional Stadium akan menjadi salah satu stadion megah yang dimiliki Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hebatnya, stadion tersebut diperkirakan bakal menjadi yang terbesar daripada stadion yang sudah ada di Kalsel seperti Stadion 17 Mei dan Stadion Demang Lehman.

Banjarbaru Internasional Stadium rencananya akan segera dibangun mulai Februari 2024.

Stadion itu akan memakan lahan seluas 22.5 hektare meliputi luas lahan stadion mencapai 6,1 hektar dan bangunan stadion sekitar 3 hektar.

Nantinya, stadion ini berkapasitas 23.600 penonton dengan kursi single seat. Yang lebih menarik, Banjarbaru Internasional Stadium akan langsung dibangun sesuai standar FIFA.

Baca Juga:Joss, Menpora Beri Sinyal Banjarbaru Punya Stadion Kelas FIFA

Hal itu sangat berbeda dengan stadion yang sudah ada di kalsel, seperti Stadion 17 Mei yang terletak di Banjarmasin.

Stadion yang sarat akan nilai historis ini didirikan pada 17 Mei 1974, dan diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Soebardjo. 

Nama 17 Mei dipilih karena berdasarkan dari sejarah perjuangan rakyat Kalsel yang berperan penting dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Stadion ini mengalami beberapa kali perombakan. Hingga pada akhirnya pada 2013, stadion ini menambah kapasitas penonton menjadi 30.000 tempat duduk.

Stadion 17 Mei
Tribun terbuka stadion 17 mei. Foto-PUPR Kalsel untuk bakabar.com

Saat ini Stadion 17 Mei kembali menjalani renovasi dan rencananya bakal selesai pada 2024 mendatang.

Adapun renovasi yang dilakukan, seperti lampu penerangan pada tribun penonton, rumput lapangan, ruang ganti dan fasilitas pendukung lainnya.

Namun sayangnya, Stadion 17 Mei belum bisa dibilang berstandar FIFA, meski termasuk salah satu stadion megah yang berada di Kalsel.

Baca Juga: Stadion Demang Lehman Direnovasi, Pindah ke Mana Barito Putera?

Selain itu, Stadion Demang Lehman yang berada di Desa Indra Sari, Martapura, Kabupaten Banjar, juga menjadi stadion yang diperhitungkan di Kalsel. 

Dibuka pada 18 Januari 2013, stadion ini awalnya dinamai Stadion Indrasari. Namun oleh Bupati Banjar saat itu stadion tersebut diganti dengan nama Stadion Demang Lehman atau yang disingkat SDL.

stadion demang lehman
Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (foto: dok. baritoputera.co.id)

Stadion yang berkapasitas 20.000 kursi ini didirikan Pemkab Banjar pada 2013 untuk menyambut Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalsel.

Saat ini Stadion Demang Lehman terus dibenahi kondisinya sudah ditingkatkan fasilitasnya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Sah, Stadion Demang Lehman Segera Direnovasi Berstandar FIFA

Sejak awal 2020, sudah dianggarkan dana untuk mempersolek markas Barito Putera tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dana sebanyak dua miliar rupiah digelontorkan guna membenahi fisik stadion. Perbaikan kualitas rumput dan pembenahan fisik gedung menjadi prioritas utama agar Stadion Demang Lehman (SDL) semakin elok, bahkan berstandar FIFA.

Editor
Komentar
Banner
Banner