Hot Borneo

Bawaslu Banjarmasin Temukan Puluhan Data Ganda Anggota Parpol

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin menemukan puluhan data ganda keanggotaan partai politik (parpol)…

Featured-Image
Data ganda anggota parpol ditemukan dalam Sistem Informasi Partai Politik. Foto ilustrasi: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin menemukan puluhan data ganda keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu Serentak 2024. Totalnya, sebanyak 67 orang.

Data ganda tersebut ditemukan dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). "Mereka adalah anggota parpol yang belum dapat dipastikan keanggotaannya, dengan jumlah parpol sebanyak 12," ujar Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Banjarmasin, Mastawan, Selasa (5/9).

Belakangan jumlah itu menyusut. Sebanyak 26 orang di antaranya datang melakukan klarifikasi atas nama mereka yang tercantum di dua parpol.

Mereka datang ke KPU Banjarmasin hingga pukul 24.00 Wita pada 5 September 2022. Hasilnya, terdapat 26 orang yang memenuhi syarat (MS) atau sesuai kriteria KPU Banjarmasin.

Namun, ia tak menyebut calon parpol yang terkait dalam kegandaan keanggotaan. Ia hanya menjelaskan jika temuan itu berdasar hasil pengawasan Bawaslu di KPU Banjarmasin.

"Yang pasti ada termasuk dari 24 parpol yang sudah lolos pendaftaran kemarin," tuturnya.

Ia juga memastikan tidak ada penambahan lagi kegandaan anggota calon parpol peserta Pemilu Serentak 2024.

"Karena semua klarifikasi untuk menentukan kepastian keanggotaan sudah selesai pada 5 September kemaren pukul 24.00," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner