Pemkot Banjarmasin

KPU Banjarmasin Luncurkan Maskot Si Suban Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin meluncurkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada Pilkada Serentak 2024.

Featured-Image
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin meluncurkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada Pilkada Serentak 2024. Humas for bakabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin meluncurkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (8/6) malam.

Peluncuran ditandai dengan bersama-sama Mengayuh Sampan secara simbolis dilanjutkan deklarasi ikrar Pilkada Damai sekaligus launching jingle serta pengenalan maskot Pilkada Banjarmasin 2024, yakni "Suara Urang Banjarmasin" atau Si Suban.

Maskot ini diketahui merupakan representasi dari ikon kota berjuluk Seribu Sungai berupa pucuk Siring Menara Pandang.

Kemeriahan peluncuran tersebut semakin terasa spesial sebab menghadirkan penampilan dari artis Ibu Kota, Budi Doremi dan sederet artis lokal lainnya yang siap menghibur ratusan warga yang antusias hadir menyaksikan pada kesempatan itu.

Kegiatan itu pun lantas menandai tahapan demi tahapan pelaksanaan yang dilakukan oleh KPU Banjarmasin dalam menyambut rangkaian Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung pada hari Rabu tanggal 27 November mendatang.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 ini nantinya dapat berjalan dengan lancar dan aman sebagaimana halnya yang terjadi pada pemilihan Presiden dan legislatif (pemilu, red) Februari lalu.

"Gunakan hak pilih pian dengan sebaik-baiknya, telusuri rekam jejak calonnya, demi keberlanjutan pembangunan di kota Banjarmasin," kata Ibnu disela-sela kegiatan.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwasanya kesiapan Pemko Banjarmasin bersama KPU, Bawaslu dan seluruh perangkat terkait dalam menyongsong Pilkada 2024 dapat dipastikan matang.

"Kemarin sesuai arahan Pak Mendagri pada Rakernas APEKSI, Banjarmasin tercatat sebagai kota yang telah selesai NPHD nya. Baik itu bantuan untuk KPU, untuk pengamanan dan sebagainya kita sudah sesuaikan dengan aturan yang ada," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartipasi menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Banjarmasin dengan memberikan hak suaranya di TPS terdekat.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini Pilkada kita bisa berjalan aman, lancar dan hepi-hepi aja. Terjadi perbedaan pilihan silahkan, misal nanti pada prosesnya terjadi sidang sengketa, tentu ada jalur-jalur yang telah disiapkan untuk gugatan dan sebagainya," beber dia.

"Intinya ayo warga kota Banjarmasin datang pada 27 November 2024 untuk memberikan suaranya di TPS dan pastikan terdaftar sebagai pemilih, itu yang paling penting," pungkasnya.

Disisi lain, Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah menyampaikan kesiapan pihaknya dalam menyongsong pesta demokrasi Pilkada 2024. Ia menyebut, saat ini timnya tengah fokus pada pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan data.

"Kami sudah melakukan rekrutmen terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 25 orang dan sudah kami lantik beberapa waktu lalu. Dan juga kami sudah melantik sebanyak 150 orang PPS yang tersebar di 52 kelurahan," terang wanita yang akrap disapa Nay itu.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah menerima sebanyak 490.012 data pemilih dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pilkada se- kota Banjarmasin.

Selaras, Rusnailah juga menekankan pentingnya peran partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di Banjarmasin.

"Kita ingin masyarakat tahu betapa pentingnya pesta demokrasi ini bagi masa depan kota kita 5 tahun ke depan," pesannya lagi.

"Kami komitmen dalam prosesnya akan bekerja dengan sebaik-baiknya, transparan, adil dan demokratis. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama agar terciptanya Pilkada yang damai, aman, kondusif dan bahagia," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner