Pemkab Hulu Sungai Tengah

Batamba Karindangan, Bupati Aulia Badapatan dalam Rangkaian Harjad ke-62 HST

apahabar.com, BARABAI – Rangkaian Hari Jadi ke 62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diisi dengan acara…

Featured-Image
Bupati Aulia saat mencoba makanan khas yang disediakan di acara karasmin. Foto: Prokom HST for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Rangkaian Hari Jadi ke 62 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diisi dengan acara Bakarasminan atau hiburan masyarakat.

Agenda yang digelar pada 20, 21, 23 Desember dan puncak Harjad ke-62 pada 24 Desember nampak sukses menggaet masyarakat Bumi Murakata.

Warga beramai-ramai mendatangi, bahkan mengikuti setiap kegiatan di tempat yang diagendakan.

Tiap acara yang dipusatkan pada 4 kecamatan yakni, di Batu Benawa, Batang Alai Selatan (BAS), Labuan Amas Selatan (LAS) dan Barabai ini menyuguhkan penampilan kesenian, permainan dan makanan tradisional khas Banjar. Misalnya, Bajapin, Bakuntau, tarian hingga Balogo sampai kesenian bela diri Bakuntau.

Dalam kesempatan itu, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi hadir menyapa warganya, sehingga agenda rangkaian Harjad itu disebut ‘Karasmin Batamba Karindangan Bupati HST Badapatan Lawan Warganya’ yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Hiburan Mengobati Rindu Bupati HST Berjumpa dengan Warganya.

Kata Aulia, kegiatan itu merupakan wahana melestarikan seni dan budaya di HST.

Selama acara, Aulia mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebab saat ini masih dalam kondisi atau masa pandemi Covid-19.

Setiap acara rangkaian Harjad yang digelar, tersedia stand Dinas Kesehatan HST. Di sana tenaga kesehatan siap memberikan vaksin kepada pengunjung yang belum divaksin.

“Alhamdulillah sudah 62 tahun usia HST. Bersyukur kita bisa berkumpul, bertegur sapa seperti ini, namun tetap melindungi diri dengan cara pakai masker dan bervaksin. Tak henti-hentinya kami mengimbau dan mengajak mengikuti vaksinasi bagi yang belum,” kata Aulia.

Dengan divaksinnya seluruh warga, kata Bupati, diharapkan pandemi berakhir dan aktivitas masyarakat kembali normal.

“Untuk itu, tolong bantu pemerintah daerah mencapai target vaksin hingga 70 persen pada 2021 ini,” pinta Aulia.

Dalam agenda di tiap kecamatan itu, Bupati Aulia juga menyerahkan bantuan kepada para Barisan Pemadam Kebakaran. Totalnya ratusan juta rupiah.

Selain itu, ada pula penyerahan bantuan juga ditujukan bagi anak yatim dan yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. Bupati memberikan nomor rekening tabungan bagi mereka.

Untuk diketahui, Harjad ke-62 kali ini mengangkat tema HST Muda, Kreatif dan Maju.

Tiap-tiap agenda bakarasminan ini, Bupati Aulia juga didampingi Wakilnya, H Mansyah Sabri dan Plt Sekda, M Yani serta pejabat di Setda HST.

Komentar
Banner
Banner