Relationship

Baru Menikah tapi Hubungan Terasa Hambar Tanpa Seks, Kenali Alasannya!

Pernikahan tak melulu berisi hal romantisme sebagaimana yang dibayangkan, sebab tak ayal terjadi perselisihan dengan pasangan.

Featured-Image
Ilustrasi hubungan suami istri yang terasa hambar. Foto: suara.

bakabar.com, JAKARTA - Pernikahan tak melulu berisi hal romantisme sebagaimana yang dibayangkan, sebab tak ayal terjadi perselisihan dengan pasangan. Namun, apa yang terjadi jika tahun pertama pernikahan terasa hambar tanpa seks dan keintiman emosional?

Sejatinya, hubungan pernikahan adalah penyatuan jalinan cinta Anda bersama pasangan. Namun, kurangnya keintiman fisik dan emosional tentu bisa mengganggu kualitas relasi suami-istri, terutama di tahun-tahun pertama pernikahan.

Menukil Times of India, berikut sederet alasan mengapa tahun pertama pernikahan justru hambar tanpa seks dan keintiman emosional dikutip:

1. Masalah kesehatan

Adanya penyakit kronis, depresi, kecemasan, bahkan efek samping pengobatan dapat menurunkan libido seseorang serta kemampuan melakukan aktivitas seksual.

Bisa jadi pasangan Anda sedang menghadapi masalah kesehatan yang mempengaruhi kehidupan seks dalam pernikahan.

2. Buruknya komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apa pun, termasuk dalam hubungan seks. Seseorang mungkin akan berhenti melakukan seks jika ia dan pasangan tidak saling jujur berbicara tentang keinginan, harapan, dan kekhawatiran dalam berhubungan.

Jika salah satu di antara suami atau istri merasa tidak nyaman membicarakan seks, pasangan lainnya mungkin merasa ditolak dan berhenti memulai.

3. Terputusnya jalinan emosi

Terputusnya jalinan emosional antara Anda dan pasangan berimplikasi pada pengabaian pada kebutuhan atau keinginan untuk menjadi intim.

Anda mungkin merasa terputus secara emosional dari pasangan dikarenakan konflik yang belum terselesaikan, kurangnya quality time, atau kurangnya penghargaan atau validasi.

4. Kelelahan dan stres
Lelah dan stres dapat berdampak pada kehidupan seks pasangan menikah. Pekerjaan, masalah keuangan, tanggung jawab keluarga, atau pemicu stres lainnya dapat membuat seks tampak seperti tugas lain dalam daftar tugas yang sudah panjang.

Jika salah satu atau kedua pasangan terus-menerus stres atau lelah, hal itu dapat mempengaruhi keinginan atau kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas seksual di tahun pertama pernikahan.

5. Adanya perselingkuhan

Pengkhianatan berefek pada situasi yang sangat sulit untuk berhubungan seks dengan pasangan. Sebab, selingkuh merupakan pukulan berat bagi hubungan apapun. Anda maupun pasangan mungkin merasa sakit hati, dikhianati, dan akhirnya kehilangan minat pada seks.

Perselingkuhan dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan dan keintiman dalam suatu hubungan, yang dapat menyebabkan pernikahan hambar tanpa seks.

Itulah sejumlah alasan mengapa hubungan terasa hambar tanpa seks padahal masih di tahun pertama mengikat jalinan cinta. Hal ini menjadi penting untuk diketahui, agar Anda dan pasangan bisa menemukan solusi terbaik untuk membangun mahligai yang sehat dan harmonis.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Editor


Komentar
Banner
Banner